Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Festival Literasi Maluku Utara

Pentingnya Membaca Untuk Tingkatkan Kualitas SDM

Senin, 3 Oktober 2022 15:05 WIB
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando dalam Festival Literasi Maluku Utara. (Foto: Dok. Perpusnas)
Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando dalam Festival Literasi Maluku Utara. (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Membaca berperan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Melalui bahan bacaan yang ada di perpustakaan, masyarakat dapat meningkatkan pengetahuannya untuk meningkatkan kecakapan pada kemampuan memproduksi barang dan jasa.

Demikian disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando usai peluncuran Festival Literasi Maluku Utara dan Gerakan Sibua Literasi (Sinergi Budaya Baca Lintas sektor), di Aula Nuku, Kantor Gubernur Maluku Utara, Senin (3/10). "Kita memiliki potensi sumber daya alam yang melimpah. Dan apa yang dilakukan hari ini dapat menjadi bekal bagi generasi muda pada saat Indonesia memasuki Indonesia emas tahun 2045," ungkap Syarif.

Syarif mengatakan, peningkatan kualitas SDM tidak bisa tidak dengan cara mencerna semua pengetahuan yang ada di berbagai buku, baik teori klasik maupun modern, untuk dipraktikkan sehingga masyarakat dapat memproduksi barang dan jasa. "Kesadaran ini harus ditanamkan bahwa betapa pentingnya kita menanamkan ilmu dalam otak kita. Jadi satu-satunya pintu masuk ilmu pengetahuan ke otak manusia adalah dengan membaca," katanya.

Baca juga : Sinar Mas Bangun Ekosistem Untuk Naikkan Kelas UMKM

Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba mengatakan, pendidikan merupakan fondasi paling penting bagi kehidupan manusia, terutama dalam mengembangkan dan meningkatkan SDM yang lebih baik. "Jika SDM pada suatu daerah berkualitas tinggi, maka kualitas kehidupan masyarakatnya pun tinggi. Dengan demikian, maka gerakan literasi harus selalu dikampanyekan," kata Abdul Gani.

Melalui Festival Literasi ini, Abdul Gani berharap, seluruh masyarakat Maluku Utara dapat meningkatkan semangat berliterasi sehingga banyak masyarakat yang teredukasi, terutama para generasi muda. "Masyarakat yang teredukasi tentu akan mampu mengembangkan karakter diri, sehingga mampu menjadi generasi emas penyokong kemajuan pembangunan bangsa," harapnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Maluku Utara Muliyadi Tutupoho menjelaskan, kegiatan Festival Literasi ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan sejak berdirinya tahun 2015. Festival literasi ini dilakukan berdasarkan pada kondisi riil literasi dan budaya baca di Maluku Utara walaupun berdasarkan data IPLM Provinsi Maluku Utara berada pada urutan ke 17 dari 34 provinsi dengan nilai indeks 14,27.

Baca juga : Pengusaha Kakap Wajib Bantu Penguatan UMKM

"Maluku Utara berada pada posisi di atas rata-rata nasional dengan nilai indeks 13,54. Tetapi jika di urai per item, Maluku Utara masih banyak kekurangannya dibanding provinsi lain. Fasilitas perpustakaan kita masih jauh ketinggalan dengan daerah lain," jelasnya.

Festival literasi dilakukan pada 3-5 Oktober 2022. Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai lomba. Di antaranya lomba bertutur, lomba baca puisi, lomba pidato, lomba stan up comedy, pemilihan duta baca, lomba perpustakaan sekolah, lomba perpustakaan desa, lomba perpustakaan komunitas, lomba menulis essay dan opini, serta mewarnai.

Pada kesempatan yang sama juga dirangkaikan dengan Pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten/Kota se-Maluku Utara dan Talkshow LIterasi: Peningkatan Indeks Masyarakat untuk Kesejahteraan "Wujudkan Maluku Utara Cerdas".■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.