Dark/Light Mode

Iklim Investasi Semakin Positif, Franchise Indonesia Optimis Bertumbuh

Minggu, 25 Februari 2024 06:58 WIB
Iklim Investasi Semakin Positif, Franchise Indonesia Optimis Bertumbuh

RM.id  Rakyat Merdeka - Geliat industri franchise pasca Pandemi bisa dibilang semakin kencang dan mentereng. Dari data laporan Franchising Economic Outlook tahun 2023 disebutkan bahwa bisnis franchise akan memiliki tambahan penyerapan lapangan kerja sekitar 254.000 pada tahun 2023.

Menariknya, angka tersebut masih bisa bertambah dengan adanya proyeksi pertumbuhan industri sebesar 3 persen di tahun berikutnya sehingga total lapangan kerja dalam industri waralaba, diprediksi akan mencapai 8,7 juta. Hal itu tentu dinilai mampu membawa peran penting dalam meningkatkan kemandirian ekonomi nasional.

Baca juga : Uji Disertasi Mahasiswa S3 Unpad, Bamsoet: Indonesia Penting Miliki UU AI

Sejalan dengan data di atas, saat ini memang banyak bisnis franchise tumbuh di berbagai kota di Indonesia. “Fenomena ini tentu saja cukup membanggakan bagi kita semua, karena ini membuktikan bahwa minat kewirausahaan tumbuh dan membesar di tengah masyarakat,” kata Pemimpin Redaksi majalah franchise, Rofian Akbar, Pemimpin Redaksi.

Ketua Asosiasi Franchise Indonesia, Anang Sukandar menuturkan bahwa potensi industri Franchise di Indonesia sangat besar jika dibandingkan negara lain. Katanya, Indonesia memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adanya konsumsi domestik yang begitu tinggi. Itulah sebabnya mengapa ekonomi Indonesia bisa bertahan jika dibandingkan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura yang sangat bergantung pada ekspor.

Baca juga : Semua Harus Bersatu Setelah Pemilu, Para Rektor Indonesia: Rakyat Pemenangnya

Keunggulan dari sisi konsumsi domestik itu diharapkan dapat menumbuhkan permintaan domestik yang tinggi sehingga membentuk pasar tersendiri. ”Permintaan domestik yang tinggi inilah yang membuat banyak investor ingin menanamkan modalnya. Salah satunya melalui konsep bisnis waralaba,” kata Anang.

Dengan segala faktor-faktor di atas, sebagai media yang sangat concern terhadap tumbuh kembangnya kewirausahaan di Indonesia, Majalah Franchise Indonesia memandang perlu memberikan apresiasi di tahun 2024 kepada para pelaku franchise dalam ajang penghargaan bertajuk 20 Best Choice Franchise Opportunities 2024 dan 30 Best Choice Business Opportunities 2024.

Baca juga : PBSI Banggakan Prestasi Lapis Kedua Indonesia Di BATC 2024

Adanya ajang ini dimaksudkan sebagai tolak ukur kinerja para pelaku industri franchise di Indonesia yang telah berjibaku mengembangkan jaringan usahanya dengan baik. “Anugerah ini diberikan sebagai motivasi para pelaku bisnis Franchise agar usahanya bisa sustain dan berdaya saing. Dengan jumlah peluang bisnis Franchise dan BO terus bertumbuh diprediksi mencapai ratusan bahkan ribuan, tentu saja membuat masyarakat yang ingin berwirausaha kesulitan dalam menentukan pilihannya,” tambah Rofian Akbar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.