Dark/Light Mode

Sambut Bulan Ramadhan, Aplikasi Ruang Ngaji Tambahkan Fitur Baru

Kamis, 29 Februari 2024 00:04 WIB
Sambut Bulan Ramadhan, Aplikasi Ruang Ngaji Tambahkan Fitur Baru

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan, J99 Corp. mengajak seluruh masyarakat muslim untuk mengoptimalkan kualitas ibadah bersama aplikasi Ruang Ngaji. Untuk Ramadhan kali ini menambahkan fitur baru yakni Live Ceramah, Fasih Arab dan Khatam Qur’an berhadiah umrah sebagai kelanjutan dari program tahun lalu.

Founder Ruang Ngaji, Shandy Purnamasari mengatakan, Bulan suci Ramadan adalah momentum istimewa bagi seluruh umat muslim untuk meningkatkan frekuensi dan kualitas ibadah. Namun di sisi lain, aktivitas sehari-hari adakalanya menjadi tantangan tersendiri dalam beribadah dengan lebih optimal. Ruang Ngaji merupakan wujud komitmen J99 Corp. melalui J99 Foundation yang dibangun dengan tujuan untuk memotivasi masyarakat agar semakin semangat beribadah dan mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa, dengan akses yang semakin mudah tanpa terkendala jarak dan waktu.

"Bukan sekedar menyajikan beragam menu untuk belajar agama, selama ini Ruang Ngaji juga sarat dengan kegiatan interaktif yang membuat aplikasi ini makin istimewa. Kami memiliki puluhan guru ngaji, sehingga setiap pengguna aktif Ruang Ngaji bisa langsung belajar layaknya santri. Tahun ini Insyaallah kami akan memberangkatkan dua orang untuk beribadah umrah, dengan mengacu pada penilaian para guru ngaji terhadap keaktifan para santri di Ruang Ngaji.” jelas Shandy di Jakarta, Rabu (28/2).

Baca juga : Meningkat Dari Tafakkur ke Tadzakkur

Penanggung jawab aplikasi Ruang Ngaji di J99 Corp. yakni Alfan Salim memaparkan fitur unggulan Ruang Ngaji yang diluncurkan tahun ini, “Selalu ada yang baru dan berkembang di aplikasi kami. Jika tahun lalu aktivitas kegiatan Ramadan berfokus pada fitur Khatam Al-Qur’an, untuk Ramadan kali ini Ruang Ngaji juga turut menghadirkan fitur Live Ceramah dan Fasih Arab. Seluruh kegiatan yang melibatkan fitur-fitur tersebut dapat diikuti oleh seluruh masyarakat muslim Indonesia dimana pun berada. Tak hanya itu, Ruang Ngaji juga akan menggelar Reels & TikTok Competition dimana masyarakat umum dapat ikut serta mengirimkan video kreasi mereka seputar pengalaman menggunakan aplikasi Ruang Ngaji.”

Selain mengisi Ramadan bersama dengan fitur-fitur unggulan dan kompetisi video Ruang Ngaji, masyarakat yang aktif berpartisipasi juga berkesempatan untuk mendapatkan hadiah perjalanan umrah, puluhan Tab dan paket menarik dari Ruang Ngaji (informasi terlampir).

Peluncuran fitur unggulan Ruang Ngaji 2024 turut pula menghadirkan Ustaz Hanan Attaki yang memberikan kajian seputar keutamaan ibadah di bulan Ramadan. Allah SWT mengistimewakan bulan Ramadan di antara 12 bulan di dalam satu tahun. Sehingga siapapun di antara hamba-hambaNya yang mendapat keistimewaan untuk bisa bertemu dengan bulan suci Ramadan, mengisi bulan tersebut dengan ibadah-ibadah yang istimewa, maka kedudukan hamba itu juga akan istimewa di hadapan Allah SWT.

Baca juga : Jelang Ramadan, DPR Minta Kemendag Jinakkan Harga Beras

“Disunahkan bagi seluruh umat muslim untuk mengkhatamkan Al-Qur’an selama bulan Ramadan, mendengarkan kajian keagamaan untuk memperdalam ilmu pengetahuan tentang iman dan Islam, dan berbagai ibadah sunah lainnya yang mampu menambah amalan kita sembari menjalankan ibadah puasa. Alhamdulillah, ada Ruang Ngaji yang paham akan kebutuhan tersebut dan mampu menemani umat muslim dalam menjalankan ibadah dan amalan di bulan Ramadan. Ruang Ngaji semoga menjadi “madrasah, wadah belajar dan menimba ilmu yang akan terpakai sepanjang masa dan menjadi amal jariyah bagi pendiri dan pengembangnya.” ungkap Ustaz Hanan Attaki.

Sejak awal diluncurkan, Ruang Ngaji berupaya untuk menjadi sarana dakwah Islam yang bisa diakses oleh siapa saja, dimana pun dan apa pun latar belakangnya. Ruang Ngaji juga telah melakukan pembaruan pada tampilan dan fitur-fiturnya yang terdiri dari: 1. Haji & Umrah. 2. Yasin & Tahlil. 3. Intisari Qur’an. 4. Tasbih Digital. 5. Ibadah dan amalan. 6. Juz Amma. 7. Ziarah. Fitur-fitur tersebut kian melengkapi aplikasi Ruang Ngaji yang diluncurkan pada 2022 silam. Fitur lain dari Ruang Ngaji diantaranya adalah Ngaji Online, Al-Qur’an, Waktu Sholat, Quiz Islami, Belajar Bahasa Arab, Penanda Arah Kiblat, Kisah Islami, Kalkulator Zakat, hingga Informasi Masjid Terdekat. Semua fitur dapat diakses secara gratis.

“Saat ini sudah ada lebih dari 25 ribu pengguna Ruang Ngaji yang lebih dari 11 ribu diantaranya merupakan peserta Ngaji Online, salah satu fitur favorit dari Ruang Ngaji. Kami ingin menyajikan pilihan kepada masyarakat bahwa melalui aplikasi Ruang Ngaji, para pengguna tak hanya belajar melalui teknologi saja tetapi juga ada sentuhan humanis langsung misalnya dalam fitur Ngaji Online bersama para guru ngaji kami. Maka dari itu, kami selalu berupaya untuk berinovasi mengembangkan fitur-fitur informatif dan edukatif lengkap sesuai kebutuhan dan tren masyarakat saat ini. Oleh karena itu, bagi seluruh masyarakat muslim Indonesia jangan ragu untuk segera meng-install aplikasi Ruang Ngaji. Apalagi pada kesempatan bulan Ramadan ini ada hadiah umrah untuk dua peserta yang aktif berkegiatan di Ruang Ngaji,” pungkas Shandy.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.