Dark/Light Mode

Hari Olahraga Nasional Momentum Pemenuhan Gizi Atlet

Rabu, 9 September 2020 17:38 WIB
Hari Olahraga Nasional Momentum Pemenuhan Gizi Atlet

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada 9 September 2020, dapat menjadi ajang refleksitas dari pembinaan atlet-atlet Indonesia di masa yang sebelumnya. 

Menteri Pemuda & Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali pun telah menetapkan bahwa tema besar Hari Olahraga Nasional 2020 adalah Sport Science, dan dirinya berharap banyak pihak dapat menggunakan Sport Science sebagai bagian penting dari pembinaan atlet di berbagai cabang olahraga.

Sejalan dengan kebijakan pemerintah, PT Ajinomoto Indonesia, juga menerapkan sport science dalam program unggulannya, Winning Meals Kachimeshi, guna meningkatkan prestasi atlet di Indonesia, kata Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia, Mr. Ichiro Sakakura dalam rilisnya pada RMco.id.

Baca juga : PB Djarum Gelar Pembinaan Atlet Bersama Mantan Legeda Bulutangkis Secara Virtual

Baru-baru ini Ajinomoto Indonesia juga sudah meluncurkan sebuah website inspiratif bernama ( https://kachimeshi-indonesia.com/ ).Website ini dibuat dengan desain modern sehingga mudah dan menarik untuk ditelusuri bagi pembaca. Karena menampilkan beragam artikel inspiratif, menambah wawasan pembaca dan keluarga seputar gaya hidup seimbang bernutrisi yang juga aktif dan bahagia.

“Kami dengan bangga menceritakan kisah Winning Meals melalui website Kachimeshi Indonesia yang dapat memperkenalkan program ini lebih dalam lagi serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas perihal gaya hidup nutrisi seimbang,” jelas Mr. Ichiro Sakakura. 

Ajinomoto Indonesia sejak 2017 mendukung atlet renang nasional I Gede Siman Sudartawa dengan program Winning Meals Kachimeshi. Dirinya dibantu dan dimonitor oleh pelatih Albert Sutanto dan ahli gizi professional di bidang olahraga (Sport Nutritionist), Emilia Achmadi.

Baca juga : Hari Pelanggan Nasional, Komut dan Dirut Pertamina Sapa Pelanggan Pertashop Sampai Pelosok

Menurut Emilia Achmadi, nutrisi menjadi bagian fundamental yang wajib diperhatikan. “Untuk pembentukan dan kekuatan otot, fokus ditujukan pada jenis dan kuantitas karbohidrat serta protein. Untuk daya tahan tubuh, fokus akan tertuju pada protein dan mikronutrisi seperti vitamin C dan seng. Namun, semua komponen nutrisi penting untuk physical development dan peak performance seorang atlet,” ungkap Emilia.

“Semua negara maju yang mendominasi di dunia olahraga dan atlet professional yang menguasai podium internasional menerapkan program nutrisi tidak hanya pada masa karir mereka sebagai atlet elit professional, tetapi juga pada saat mereka memulai karir sebagai atlet junior,” lanjutnya.

Menurutnya, Ada 5 rasa dasar yang dapat dideteksi oleh lidah manusia, manis, pahit, asam, asin, umami. Semua rasa ini kita dapati dengan menggunakan bumbu seperti gula, garam, MSG, merica, dll. Saya rasa dengan penggunaan bumbu umami secukupnya, maka ini menjadi salah satu faktor penting dalam makanan yang dibutuhkan seorang atlet, tambah Emilia. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.