Dark/Light Mode

Festival Budaya Anak Bangsa tahun ke XII, Asah Kreatifitas

Kamis, 26 November 2020 16:21 WIB
Festival Budaya Anak Bangsa tahun ke XII, Asah Kreatifitas

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka Hari Anak Sedunia, Yayasan Mekar Pribadi  melalui Festival Budaya Anak Bangsa tahun ke XII, bersama Swargaloka melaksanakan  Lomba Daring Tari Kreasi Nusantara Tingkat Nasional  sampai hari Minggu, (29/11). 

Aktris peduli anak, Maudy Koesnaedi, melalui instagram Mekar Pribadi berharap agar anak Indonesia dapat menikmati masa hidupnya dengan penuh bahagia, dan terus tumbuh menjadi manusia yang bermanfaat untuk sekitarnya.                             

Baca juga : Hore, Mudik Ke Rangkasbitung Tahun Depan Bisa Lewat Tol

Peserta berasal dari sekolah, sanggar atau komunitas, dalam satu kelompok 3 - 5 orang. Peserta wajib mengikuti  akun Instagram @mekar_pribadi @swargalokaart dan subscribe Youtube Mekar Pribadi dan Swargaloka Art. Rekaman video kelompok di e mail ke [email protected].  Tema adalah tari kreasi Nusantara yang penuh semangat. Durasi penyajian video 5 - 7 menit. Karya boleh kreasi yang sudah ada maupun ciptaan baru dan paling lambat hari Minggu, 29 November 2020.

Ketua Yayasan Mekar Pribadi Oetari Noor Permadi mengatakan, Pemilihan Lomba tari secara daring ini menjadi salah satu terobosan untuk Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) agar anak dan remaja peduli, kreatif serta ikut memutus mata rantai penularan Covid -19. Selain itu, melalui gerak bersama, anak dan remaja belajar percaya diri; bertanggung jawab; tenggang rasa; solidaritas atau kesatuan kelompok dan berlatih memecahkan masalah. Kecerdasan sosial diatas adalah beberapa bekal amat penting yang diperlukan gen milenial untuk menghadapi tantangan dalam dasawarsa mendatang.   

Baca juga : Diduga Kelompok Anarko, 33 Orang Ditahan Saat Aksi Di Istana

"Anak adalah masa depan bangsa, untuk itulah WHO mencanangkan 20 November sebagai Hari Anak Sedunia. Agar imunitasnya terjaga, selain menaati protokol kesehatan anak perlu merasakan kebebasan berekspresi dan kebahagaian, ujar Oetari yang juga Ketua Penyelenggara FBA XII. 

Menurutnya, Pengumuman Karya Terbaik dan Pentas Daring Lomba Tari Kreasi Nusantara akan dilaksanakan Sabtu, 12 Desember 2020.  Sebagai Juri  adalah Dosen Universitas Jakarta, Dosen Institut Kesenian Jakarta dan dari Yayasan Swargaloka.  Pemenang Juara dan Harapan mendapat Piagam Penghargaan Digital dan Uang Pembinaan dengan total jutaan rupiah.  

Baca juga : Argentina dan Uruguay Menang, Peru Ditahan Paraguay

Harapan juga disampaikan Maestro Musik peduli anak, Titiek Puspa, "Anak-anakku semua...engkau adalah  harapan bagi masa depan dunia yang lebih adil, sejahtera  dan bahagia. Pantang menyerah asah kemampuanmu dan ingatlah untuk selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Pemurah. Semangat cinta dan doa dari Eyang." 

 "Dalam kondisi yang serba terbatas ini, justru kita tetap harus berkreasi. Karena, esensi kreatifitas adalah kemampuan menembus batas melahirkan  sesuatu yang baru," tambah Oetari. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.