Dark/Light Mode

Integritas Sistem Informasi dengan ERP, Tingkatkan Bisnis UMKM

Rabu, 17 Februari 2021 18:53 WIB
Integritas Sistem Informasi dengan ERP, Tingkatkan Bisnis UMKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Industri Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan salah satu tridarma perguruan tinggi berupa Program Pengabdian Masyarakat secara daring bekerjasama PT. Budi Andhika Prima Ayudia (BAPA) Depok Jawa barat (17/2).

Dosen Universitas Mercu Buana (UMB) Uly Amrina, ST., MM Uly dalam webinarnya mengatakan, Implementasi nyata dari sistem ERP (Enterprise Resource Management)pada UMKM, maka tim pengabdian masyarakat menggunakan PT. Budi Andhika Prima Ayudia (BAPA) yang bergerak di bidang kosmetik perawatan tubuh Cinere, Depok baru berdiri di akhir tahun 2017. Meskipun baru 3 tahun berjalan, BAPA memiliki beberapa customer dengan sistem B2B yang secara rutin melakukan order dalam jumlah besar dan varian kosmetik perawatan tubuh yang bermacam-macam. 

Baca juga : Jika Demokrasi Tak Jalan Pemerintahan Bisa Jatuh

"Saat ini semua sistem informasi perusahaan masih berdasarkan manual (hanya menggunakan microsoft excel), yang menyebabkan beberapa permasalahan seperti adanya perbedaan data transaksi, kesalahan pencatatan, kelebihan order, dan lain-lain. Untuk membenahi akurasi sistem informasi perusahaan, tim pengabdian UMB mengimplementasikan ERP dengan aplikasi Odoo" jelas Uly 

Dimoderator Rd. Adriyani Oktora, ST.MT. dua narasumber lainnya yakni Muhammad Isa Lufti, ST., MMT dan Dr. Ir. Agung Terminanto, MBA juga berharap pemahaman dan pelatihan ini dapat meningkatkan awareness dan motivasi semua pengusaha UMKM untuk mengimplementasi ERP sebagai bagian dari strategi untuk mencapai UMKM yang sustainable. Dari perpektif profit, ERP membantu program efisiensi biaya dengan meningkatkan akurasi data dan mempercepat proses bisnis perusahaan, ucapnya. 

Baca juga : Ini Saran Ahli Pilih Suplemen Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Dengan tema  "Implementasi Sistem Informasi Terintegrasi Pada UMKM" Sistem Informasi yang Terintegrasi dengan ERP, diharapkan dapat meningkatkan skill dan kemampuan SDM UMKM dalam pemanfaatan teknologi informasi. Hal tersebut akan meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap kinerja UMKM. Dan dari perspektif planet, ERP mengurangi penggunaan kertas yang menunjukkan kontribusi terhadap kelestarian hutan Indonesia, pungkas Uly. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.