Dark/Light Mode

Kelola Sampah Plastik, Le Minerale Inisiasi Gerakan Ekonomi Sirkular

Rabu, 24 Februari 2021 13:23 WIB
Kelola Sampah Plastik, Le Minerale Inisiasi Gerakan Ekonomi Sirkular

RM.id  Rakyat Merdeka - Le Minerale bekerja sama dengan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) dan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) melakukan inisiasi project Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional, (23/02).

Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan B3, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Rosa Vivien Ratnawati, SH., M.Sc yang turut hadir dalam Konferensi Pers virtual, mengapresiasi kerja sama multi stakeholder dalam menggerakan ekonomi sirkular nasional tersebut. Ia memaparkan dalam pengelolaan sampah, KLHK mendukung tiga pendekatan yang dipakai dalam tema Hari Peduli Sampah Nasional tahun ini yakni zero waste, advance teknologi dan sirkular ekonomi.

Baca juga : Hari Peduli Sampah Nasional, AQUA Pelopori Dan Dorong Ekonomi Sirkular

"KLHK merasa pendekatan Le Minerale, ADUPI dan IPI sudah tepat, karena menciptakan nilai tambah ekonomi baru dan bermanfaat secara sosial. Kita harus percaya bahwa semua langkah kecil yang kita lakukan akan berdampak besar pada lingkungan." papar Vivien.
 
MoU ketiga pihak ini kembali membuktikan langkah nyata Le Minerale dalam mendukung pemerintah mengatasi masalah sampah, seperti halnya aksi Le Minerale membangun Bank Sampah. "Melakukan Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional dengan ADUPI & IPI untuk memastikan plastik PET masuk ke dalam ekonomi sirkular ini sangat sesuai dengan hari Peduli Sampah." ungkapnya

Sementara Sustainability Director PT Tirta Fresindo Jaya, Ronald Atmadja, mengatakan, “Le Minerale meyakini bahwa sirkular ekonomi merupakan solusi yang baik untuk atasi masalah sampah plastik dan Le Minerale berkomitmen tinggi untuk mendukung upaya pemerintah dalam pengelolaan sampah yang bersinergi. Kerjasama antar ketiga pihak ini diharapkan semakin luas dan bermanfaat.”

Baca juga : Kalau Hamilton Pensiun, Mercedes Incar Verstappen

Inisiatif Le Minerale beserta para mitra ini juga diharapkan dapat menjadi solusi tepat dalam mengatasi permasalahan sampah plastik. Ronald menyebut bahwa komitmen Le Minerale untuk menjalankan bisnis yang berkelanjutan, dimana memberi manfaat bagi semua pihak yang tetap mengedepankan segala aspek, baik dari lini keamanan, kesehatan dan lingkungan. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.