Dark/Light Mode

FKG Usakti Berikan Tips Hidup Sehat dimasa Pandemi

Senin, 8 Maret 2021 13:10 WIB
Dosen FKG Universitas Trisakti, Drg. Andy Wirahadikusumah Sp Pros, (kanan)
Dosen FKG Universitas Trisakti, Drg. Andy Wirahadikusumah Sp Pros, (kanan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakuktas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti (Usakti) melakukan salah satu tri darma perguruan tinggi berupa Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) secara daring bekerjasama dengan POMG SDI Al-Ikhlas, yang diikuti orang tua murid dan guru SDI Al-Ikhlas Cipete Jakarta Selatan pada (13/2) lalu.

Ketua Tim PkM FKG Universitas Trisakti, Drg. Andy Wirahadikusumah Sp Pros, pada rm.id mengatakan, Seiring semakin meningkatnya penyebaran covid-19, banyak masyarakat yang enggan berkunjung ke dokter gigi walaupun sudah ada keluhan atau masalah yang cukup parah. Padahal cukup aman berkunjung ke dokter gigi karena klinik dokter gigi sudah menaati prokes yang berlaku dan menyediakan berbagai alat yang dapat mencegah pemaparan virus serta operator yaitu dokter gigi serta pasien sudah wajib memakai APD. 

Baca juga : Takut Sendiri, Hidup Bareng Mayat Adik

"Selain itu banyak juga yang belum mengerti cara pola hidup sehat yaitu salah satunya 5M, contohnya; memakai masker, semua tahu harus memakai masker cuman masih banyak yang tidak tahu cara memakai dan melepas masker yang benar. Oleh karena itu diharapkan adanya kegiatan ini dapat merubah pola hidup dan tidak takut lagi berkunjung ke dokter gigi di masa pandemic ini" jelasnya.

Pada Acara ini diberikan penyuluhan dengan topik: . “Update Covid-19 di Indonesia”, pembicara: dr. Litya Ayu, Sp. KK FINSDV ( ketua POMG SDI Al-Ikhlas) dan  “ Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut di masa pandemik “,  oleh drg. Riko Nofrizal, Sp. Ort & drg. Isya Hanin, Sp.Pros tidak hanya penyuluhan, Tim PKM FKG Usakti juga memberikan donasi berupa pemberian sikat gigi+ pasta gigi gratis serta hand sanitizer gratis kepada seluruh guru SDI Al-Ikhlas Cipete Jakarta Selatan.

Baca juga : Misbakhun: Ini Momentum Menilai Kinerja Menteri Ani

Pada PkM FKG Usakti kali ini terdiri dari Drg. Andy Wirahadikusumah Sp Pros. (Ketua Tim PKM FKG Universitas Trisakti serta dosen FKG Universitas Trisakti), Anggota tim:  Drg. Isya Hanin Sp Pros,  Drg. Riko Nofrizal, Sp Ort,  Drg. Hartono Pudjowibowo, MS, DURMF dan Drg. Caesary Cloudya Panjaitan, MM, MKG ( Alumni FKG Usakti ).

Dengan judul“ Penyuluhan Pola Hidup Sehat dan Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi Covid-19 bagi Orangtua Murid dan Guru SDI Al-Ikhlas Cipete Jakarta Selatan “, lanjut drg Andy, kami berharap masyarakat khususnya orang tua murid dan guru SDI Al-IKhlas dapat menerapkan ilmu yang kita berikan dan diterapkan ke dalam pola hidup sehari-hari serta meneruskannya ke orang-orang sekitar” pungkasnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.