Dark/Light Mode

Digitalisasi Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi

Senin, 5 April 2021 16:12 WIB
Digitalisasi Solusi Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemi

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran teknologi sangat membantu pekerjaan setiap harinya. Era 4.0 ini menuntut konektivitas di segala hal, juga berpengaruh besar dalam berbagai bidang kehidupan secara signifikan. Terutama dalam dunia pendidikan yang dilakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Direktur PP-Iptek, M. Syachrial Annas mengatakan bahwa dalam menerapkan 4.0, PP-IPTEK sebagai science center melakukan transformasi pada sistem dan layanan yang berbasis digital. Khususnya dalam masa krisis pandemi Covid-19 ini, penerapan 4.0 melalui layanan digital merupakan solusi permasalahan yang terjadi pada proses pembelajaran Iptek di sekolah sehingga guru tetap aktif dan kreatif dalam menyajikan pembelajaran di sekolah. 

Baca juga : Reses Virtual, Ibas Serahkan Ambulans Buat Masyarakat Terdampak Pandemi

“Science center PP-IPTEK sebagai layanan publik dalam bidang pembelajaran sains, berupaya secepat mungkin melakukan transformasi menjadi science center dengan layanan berbasis digital. Transformasi digital PP-IPTEK melahirkan beberapa layanan digital baru guna memenuhi kebutuhan masyarakat untuk tetap dapat mengakses Iptek dari jarak jauh dan kapan pun. Melalui layanan digital PP-IPTEK yang baru, yakni Aplikasi “PP-IPTEK VIRTUAL” yang dapat diakses di smartphone dan kunjungan virtual “SCIENCE E-TRIP” melalui video converence akan menjadi solusi bagi permasalahan pembelajaran sains di masyarakat,”ujarnya.

“Aplikasi PP-IPTEK VIRTUAL merupakan layanan kunjungan galeri berbasis digital yang dapat diakses secara daring oleh seluruh masyarakat. Layanan PP-IPTEK VIRTUAL berisikan konten alat peraga dan program sains PP-IPTEK yang dikemas dalam beberapa media, seperti media teks, gambar, dan video pembelajaran. Untuk mengakses media-media tersebut, masyarakat dapat memilih akun biasa untuk mendapatkan informasi singkat tentang PP-IPTEK atau akun premium untuk akses konten pembelajaran yang lebih interaktif.,”tuturnya.

Baca juga : Menkes Ramal Bisnis Obat-obatan Bakal Makin Moncer Akibat Pandemi

“Fasilitas Premium menyediakan lebih banyak fasilitas dan manfaat kepada masyarakat daripada akun biasa/free, dimana pada fasilitas premium menampilkan video pembelajaran alat peraga dan percobaan sains sehingga pengunjung mendapatkan informasi sains yang lebih mendalam seperti layaknya berkunjung secara langsung ke PP-IPTEK. Selain itu, fasilitas ini menyediakan modul Lembar Kerja Siswa (LKS) bagi pengunjung yang akan mereka isi pada saat menonton video pembelajaran alat peraga. Informasi dan pertanyaan yang tercantum pada LKS ini akan memandu pengunjung yang mengisi untuk berpikir kritis pada fenomena sains yang terjadi pada sebuah alat peraga pembelajaran. Untuk mengakses fasilitas Premium ini pengunjung tidak perlu mengocek uang terlalu banyak, hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 13.750,-/orang/akun maka pengunjung dapat mengelilingi PP-IPTEK secara Virtual selama 1 hari penuh. Pengunjung juga dapat memperpanjang kunjungannya di PP-IPTEK Virtual selama 1 minggu dengan biaya Rp. 27.500,-/orang/akun atau Rp. 55.000,-/orang/akun selama 1 bulan,”terangnya.

Harapan PP-IPTEK kedepan bahwa transformasi menjadi layanan digital ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan kapasitas dan kapabilitas generasi muda dalam bidang sains dan teknologi, serta keberadaan PP-IPTEK sebagai science center di Indonesia dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat dan stakeholder lainnya demi memajukan SDM Indonesia yang melek Ilmu Pengetahuan dan Teknologi  dan mampu menciptakan inovasi Iptek, tutupnya. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.