Dark/Light Mode

Integrasikan Kecerdasan Buatan, Intel Xeon Scalable Gen-3 jadi Platform Pusat Data Tercanggih

Selasa, 13 April 2021 15:45 WIB
Intel Xeon Scalable Gen-3. (Foto: Ist)
Intel Xeon Scalable Gen-3. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Intel meluncurkan prosesor Intel Xeon Scalable generasi ke-3, yang diklaim menjadi platform pusat data paling canggih dan berkinerja tinggi. Prosesor tersebut telah memadukan artificial intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan buatan.

Hal itu memberikan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya, dengan peningkatan rata-rata 46 persen pada popular data center workloads.

Prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 (nama kode "Ice Lake") adalah fondasi platform pusat data Intel. Prosesor ini memungkinkan pelanggan memanfaatkan beberapa peluang bisnis paling signifikan saat ini dengan memanfaatkan kekuatan AI.  

Prosesor ini juga memberikan dan meningkatkan kapabilitas-kapabilitas baru termasuk dengan Intel SGX untuk keamanan internal, serta Intel Crypto Acceleration dan Intel DL Boost untuk akselerasi AI.

Baca juga : Sampaikan Surat Kepercayaan, Dubes Didin Wahyudin Genjot Kerja Sama Pariwisata RI-Cabo Verde

Kemampuan baru ini, dipadukan dengan portofolio luas Intel® Select Solutions dan Intel® Market Ready Solutions, memungkinkan pelanggan untuk mempercepat penerapan di cloud, AI, perusahaan, komputasi kinerja tinggi (HPC), jaringan, keamanan dan aplikasi edge.

"Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 kami adalah karya kami yang paling fleksibel dan berperforma terbaik sepanjang sejarah kami. Dirancang untuk mengerjakan workloads yang beragam, dari cloud, ke jaringan, hingga ke edge,” ujar executive vice president dan general manager Data Platform Group Intel, Navin Shenoy, Selasa (13/4).

"Intel memiliki posisi yang unik dengan arsitektur, desain, dan manufaktur untuk memberikan solusi dan silikon pintar yang luas bagi kebutuhan konsumen," imbuhnya.

Memanfaatkan teknologi proses Intel 10 nanometer (nm), prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 terbaru menghadirkan hingga 40 core per prosesor dan peningkatan kinerja rata-rata hingga 2,65 kali lebih tinggi dibandingkan dengan sistem yang sudah berusia 5 tahun.

Baca juga : Tantan, Aplikasi Kencan Berubah Menjadi Platform Pan-Entertainment

Platform ini mendukung hingga 6 terabyte memori sistem per soket , hingga 8 channel memori DDR4-3200 per soket dan hingga 64 jalur PCIe Gen4 per soket.

Prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 baru dioptimalkan untuk beban kerja modern yang dijalankan di lingkungan multicloud on-premise dan terdistribusi. Prosesor ini memberi arsitektur yang fleksibel untuk pelanggan.

Prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3 terbaru menghadirkan kinerja, produktivitas, dan kesederhanaan AI yang memungkinkan pelanggan untuk membuka wawasan yang lebih berharga dari data mereka.

Kemudian, prosesor ini juga sudah mengusung keamanan tingkat lanjut. Dengan ratusan studi penelitian dan penerapan produksi, ditambah kemampuan untuk terus diperkuat dari waktu ke waktu, Intel SGX membantu melindungi kode dan data sensitif dengan potensi serangan permukaan terkecil dalam sistem di pusat data.

Baca juga : BNI Berikan Bingkisan Natal Untuk Warga di Daerah Terpencil

Selain itu, Intel Crypto Acceleration memberikan terobosan kinerja di berbagai algoritme kriptografi penting.

Bisnis yang menjalankan beban kerja enkripsi yang intensif, seperti retail online yang memproses jutaan transaksi pelanggan per hari, dapat memanfaatkan kemampuan ini untuk membantu melindungi data pelanggan tanpa berdampak terhadap waktu respons pengguna atau kinerja sistem secara keseluruhan.

Prosesor Intel Xeon Scalable didukung oleh lebih dari 500 ready-to-deploy Intel® Market Ready dan Intel® Select Solutions yang membantu mempercepat pengaplikasian, di mana hingga 80 persen portfolio Intel® Select Solutions telah diperbaharui untuk mendapatkan manfaat dari prosesor Intel Xeon Scalable Generasi ke-3. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.