Dark/Light Mode

Brand Lokal VONA Mampu Bersaing di Kancah Internasional Melalui Lazada

Sabtu, 29 Mei 2021 13:30 WIB
Pendiri VONA (Kanan) Violetta Affandi dan Fejri Muzakky
Pendiri VONA (Kanan) Violetta Affandi dan Fejri Muzakky

RM.id  Rakyat Merdeka - Siapa bilang brand lokal tidak mampu bersaing dengan brand internasional? Hal ini dibuktikan oleh pasangan suami istri Violetta Affandi dan Fejri Muzakky melalui VONA, sebuah usaha produk berbahan dasar kulit untuk pria dan wanita seperti tas, sepatu, dan dompet yang kini telah berhasil menembus pasar dan bahkan masuk kanal LazMall di Lazada. Bermula dari keinginan pasangan ini untuk memulai hal baru, VONA kini telah memiliki konsumen yang tersebar tidak hanya di Indonesia, namun juga di mancanegara. 

Pendiri VONA, Fejri Muzakky mengatakan, “Ketika kita membangun sebuah bisnis, kita harus mampu membaca situasi dan memahami permintaan pasar. Awal mulanya, saya membangun VONA dengan mode bisnis berdasarkan preferensi saya sendiri. Tapi saya menyadari bahwa tidak semua hal yang saya sukai sejalan dengan permintaan konsumen. Setelah melalui proses trial and error, dan memahami keinginan pasar, kini kami bangga dapat memberikan produk yang dibutuhkan dan dicari oleh konsumen. Saat ini VONA mampu mencapai rata-rata 200-300 penjualan per hari di Lazada, dan bahkan bisa mencapai ribuan penjualan di saat ada promo.”

Baca juga : Mahfud: Agar Bersaing Di Pasar Global, Birokrasi Jangan Bertele-tele

Perjalanan bisnis VONA tentu tidak selalu berjalan mulus. Saat awal menjalani bisnisnya, mereka kerap menerima kritik dari para konsumen baik dari sisi desain maupun harga. Namun, kritik tersebut tidak membuatnya patah semangat, tetapi justru menjadi pendorong untuk membuktikan ke konsumen bahwa produk lokal sudah siap bersaing dengan produk luar negeri. 

“Berdasarkan pengalaman saya selama delapan tahun menjalani bisnis ini, saya belajar untuk menciptakan produk yang simple namun timeless dan berbahan dasar premium. Sehingga produk yang kami tawarkan tidak hanya menarik, namun dapat digunakan oleh konsumen dengan rentang umur yang lebih luas,” tambah Violetta, Pendiri VONA.

Baca juga : Pembiayaan Di Bank Syariah Mampu Bersaing Dengan Konvensional

Sementara SVP, Traffic Operations & Seller Engagement, Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro mengatakan, ”Kami bangga brand lokal seperti VONA dapat menjadi bagian dari kanal eksklusif kami, LazMall. Hal ini membuktikan bahwa usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia mempunyai potensi besar untuk beradaptasi dan bersaing dengan banyak brand internasional lainnya di LazMall. Oleh karena itu, kami selalu mendorong para penjual kami untuk selalu bersemangat dalam berinovasi dan terus mengasah kemampuan membaca tren pasar agar lebih banyak UMKM Indonesia dapat naik kelas dan bisa memiliki brand sendiri. Kami harap kesuksesan VONA dapat menjadi inspirasi brand lokal lainnya untuk terus tumbuh bersama kami.”

“Bagi saya, dalam menjalankan suatu bisnis, kita harus memiliki rasa ingin belajar yang kuat dan mampu beradaptasi dengan situasi seperti perkembangan ekonomi dan pola belanja konsumen yang terus berkembang agar kita dapat menawarkan produk yang bisa dijual di waktu dan situasi yang tepat. Apalagi setelah brand kami masuk di LazMall, kami ingin VONA dikenal sebagai brand lokal pilihan yang berkualitas, terpercaya dan mampu bersaing dengan brand luar negeri,” tutup Violetta. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.