Dark/Light Mode

Pertama Di Indonesia, Foto Pribadi Dicetak Jadi Action Figure

Rabu, 23 Juni 2021 15:45 WIB
Foto: Fajar El Pradianto/Rakyat Merdeka
Foto: Fajar El Pradianto/Rakyat Merdeka

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan rintisan (startup) Menimize memberi pengalaman baru untuk urusan foto. Jika biasanya foto dicetak di atas kertas, kali ini dalam bentuk patung alias action figure statue.

Chief Executive Officer (CEO) Menimize, Johanes Salikin menjelaskan, layanan ini adalah yang pertama di Indonesia. Mesin yang digunakan pun, diklaim tercanggih di Asia. Untuk melakukan pemesanan setiap pelanggan bisa terlebih dahulu melakukan pemotretan langsung ke studio Menimize.

"Lokasi studio Menimize baru kami buka di Plaza Indonesia, Lokasi tepatnya lantai 2 sebelah Sushi Hiro," jelas Johanes saat ditemui RM.id, di Jakarta, Rabu (23/6).

Seluruh pesanan pose foto dari pelanggan bisa dilayani dengan mesin yang canggih tersebut. Di dalam studio foto, bisa dilakukan berdua sekaligus. Menariknya, foto yang dicetak dalam bentuk patung akan diberi warna oleh ahli, sesuai dengan warna-warna saat melakukan sesi foto.

Baca juga : Mentan Happy Indonesia Terpilih Sebagai Anggota Dewan FAO

Tarif yang dibanderol mulai Rp 300 ribuan sampai Rp 5 juta. Harga sudah termasuk foto dan pengecatan figure. "Kisaran harga tergantung skala atau ukuran. Mulai Rp 300 ribu untuk dicetak satu patung seukuran 1:64 atau 2,5 cm. Sedangkan 1:18 sekitar 10 cm yaitu Rp 2,2 juta," bebernya.

Kemudian, ukuran 1:12 atau 15 cm dibanderol Rp 3 juta. Sedangkan terbesar, yaitu ukuran 1:6 setara 30 cm Rp 5 juta.

Selain melayani foto di studio, pelanggan bisa memesan dengan mengirimkan file foto yang sudah ada. Jadi, tidak perlu melakukan sesi foto di studio. Selain itu, bisa juga dibuat action figure dari berbagai tokoh superhero. Tinggal sediakan saja file fotonya. 

Menimize juga menyediakan 3 varian yang dapat dipilih, yaitu Bust (setengah badan / sampai dada), Whole Body (seluruh tubuh). "Sementara Toon (karikatur) dengan pilihan ukuran atau skala yang sesuai selera konsumen," imbuh Johanes.

Baca juga : Mantap, Indonesia Terpilih Lagi Jadi Anggota Reguler GB-ILO

Chief Marketing Officer Menimize Irene Nadya menambahkan, perusahaan menghadirkan Portable 3D Camera bernama The Menimizer. Portable 3D Camera yang diklaim pertama di Asia itu dirancang dan dikembangkan tim engineer Menimize dari Indonesia. The Menimizer sangat mumpuni untuk membuat pemodelan 3D secara praktis, cepat, dan akurat.

"Kami mengembangkan The Menimizer dengan desain yang compact sehingga dapat diinstalasi pada ruangan berukuran 3x3 meter. Hal ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan mulai dari dokumentasi, pembuatan 3D digital asset hingga figure”, tambah Irene.

The Menimizer tersusun dari 17 tiang dengan total 119 kamera yang tersemat di seluruh tiang. The Menimizer mampu mengambil objek secara menyeluruh dengan kualitas High Definition (HD) hanya dalam waktu 3 detik.

Menimize menghadirkan 2 (dua) produk unggulan, yakni file digital figure, dan menyediakan layanan penyewaan The Menimizer.

Baca juga : RNI Bakal Optimalisasi Aset lahan

Produk yang ditawarkan The Menimizer juga tidak terbatas pada figure. Bisa juga berupa 3D aset digital yang bisa diolah menjadi model 3D dan animasi, serta turunannya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.