Dark/Light Mode

Harga Emas Naik, Archi Diuntungkan Hingga 24 persen di Semester I 2021

Selasa, 3 Agustus 2021 05:05 WIB
Harga Emas Naik, Archi Diuntungkan Hingga 24 persen di Semester I 2021

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Archi Indonesia Tbk (“Archi” atau “Perusahaan”) dengan kode saham ARCI, mencatat pendapatan konsolidasian sebanyak AS$142,4 juta pada semester pertama tahun 2021, meningkat 9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar AS$130,1 juta.

Laba bersih Perseroan juga mengalami peningkatan sebesar 24 persen menjadi AS$32,6 juta. Terutamanya peningkatan Laba Bersih didorong oleh harga rata-rata penjualan emas yang lebih tinggi sebesar 9 persen serta penurunan biaya penambangan sebesar 16 persen dari AS$3,35 per ton menjadi AS$2,83 per ton. Begitu juga dengan EBITDA Perseroan yang mengalami peningkatan 5 persen menjadi AS$75,5 juta jika dibandingkan pada semester pertama tahun 2020.

Baca juga : IndiHome Alokasikan Bantuan Hingga Rp 420 Juta Di Kuartal II-2021

Presiden Direktur Archi, Kenneth Ronald Kennedy Crichton menyatakan “Kinerja keuangan Archi pada semester pertama tahun 2021 diuntungkan dari harga emas yang lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kami berharap keadaan akan jauh lebih baik pada tahun 2022 seiring dengan ekspansi pabrik pengolahan kami yang telah mencapai efisiensi penuh dan akan berdampak secara langsung terhadap kenaikan produksi emas.”

Menurutnya, Program eksplorasi yang sedang berjalan di lokasi cadangan emas Bima di Koridor Barat, yang berlokasi sekitar 15km arah barat dari Pit Toka dan yang memiliki kadar emas tinggi, memperlihatkan hasil yang menjanjikan. Dengan produksi emas yang telah tercatat sebesar 81,6 kilo ons pada semester pertama tahun ini, Perseroan berharap untuk mencapai produksi emas antara 138 kilo ons – 148 kilo ons pada semester kedua tahun 2021 (sebagai informasi, produksi emas pada semester kedua tahun 2020 adalah sebesar 120 kilo ons), sehingga total produksi emas untuk tahun penuh 2021 menjadi 220 kilo ons – 230 kilo ons.

Baca juga : Jaga Keamanan Aktivitas Anak Di Dunia Digital Dengan Bimbingan Ortu

“Tim eksplorasi kami telah membuat kemajuan yang luar biasa di Koridor Timur dan Koridor Barat, dan kami mengantisipasi keberhasilan yang lebih jauh bedasarkan hasil awal menjanjikan yang telah kami terima. Kami juga senang dengan tingginya kadar bijih emas yang ditemukan dari hasil pengeboran di lokasi cadangan emas Bima di Koridor Barat, yang nantinya akan memberikan tambahan potensi cadangan emas baru bagi Archi di masa mendatang”, tambah Kenneth.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.