Dark/Light Mode

Gerakan Sedekah Minyak Jelantah, Rumah Sosial Kutub Gandeng PKK Jakarta Pusat

Selasa, 10 Agustus 2021 21:32 WIB
Tuang minyak Jelantah : (dari kiri) Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub, Suhito, Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi, Ketua TP PKK Jakarta Pusat, Ucu Jamilah dan Jajaran Pemerintah Admunistrasi Jakarta Pusat secara simbolais mengajak masyarakat bersedekah minyak jelantah
Tuang minyak Jelantah : (dari kiri) Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub, Suhito, Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi, Ketua TP PKK Jakarta Pusat, Ucu Jamilah dan Jajaran Pemerintah Admunistrasi Jakarta Pusat secara simbolais mengajak masyarakat bersedekah minyak jelantah

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam menangani limbah minyak jelantah, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat beserta TP PKKnya menggandeng Rumah Sosial Kutub melaunching program ‘Kota Tersenyum Jakarta Pusat. Program ini akan dilaksanakan bersama dengan 54 Kelurahan yang ada Jakarta Pusat. Lebih dari 4.566 tong sedekah akan didistribusikan untuk menjadi media penanganan limbah sembari bersedekah.

Dalam sambutannya, Direktur Eksekutif Rumah Sosial Kutub, Suhito menjelaskan bahwa konsep sederhana dari gerakan ini adalah kita bersama ingin menyelamatkan Jakarta. Lebih lanjut dijelaskannya dengan setetes minyak jelantah itu sebenarnya selain akan memberikan dampak pada lingkungan yang bersih dan sehat, juga akan memberikan nilai kemanfaatan lain bagi warganya.

Baca juga : Sedekah Minyak Jelantah, Bantu Masyarakat Sedang Isoman dan Tim Medis

“Aksi yang sangat sederhana dimulai dari rumah ke rumah namun memiliki dampak yang sangat besar karena dilakukan secara bersama-sama. Gerakan ini akan menjadi sedekah kolosal yang manfaatnya dapat dirasakan oleh semua pihak. Bukan hanya ibu-ibu, bapak-bapak sampai pemerintah juga merasakan. Tentu ini akan menjadi jariyah semua stakeholder karena telah memfasitasi kebaikan ini untuk sukses,” sampainya di acara launching Program Kota Tersenyum Jakarta Pusat, Selasa (10/8).

Hal senada dikatakan Ketua TP PKK Jakarta Pusat, Ucu Jamilah juga menuturkan memang benar bahwa jika minyak jelantah dibuang sembarangan akan mencemari lingkungan. Selain itu bisa menimbulkan berbagai penyakit ketika digunakan terus menerus.

Baca juga : PLN Berikan Bantuan 12 Ton Oksigen Ke Rumah Sakit Di Jateng Dan Yogyakarta

Program Kota Tersenyum Jakarta Pusat ini sendiri langsung diresmikan oleh Wakil Walikota Jakarta Pusat, Irwandi. Sebelum meresmikan, partner kerja walikota ini memberikan motivasi kepada seluruh peserta baik yang hadir langsung maupun yang melalui temu virtual. Disampaikannya bahwa yakinlah program seperti ini akan menjadi sebuah kegiatan yang bernilai ibadah.

“Mesikpun kelihatannya hanya minyak jelantah, tapi InsyaAllah akan membawa berkah. Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Jakarta Pusat kami sampaikan terimakasih kepada Rumah Sosial Kutub yang telah melakukan kerjasama dengan TP PKK di Jakarta Pusat. Saya yakin, dengan kegiatan ini, sekarang kegiatan – kegiatan PKK semakin mandiri,” ujarnya dalam sambutan sebelum melakukan peresmian Program Kota Tersenyum Jakarta Pusat yang bertemakan ‘Bersih Kotanya, Bahagia Warganya’ ini.

Baca juga : Ribuan Lansia Hingga Pelajar Jalani Vaksin Covid -19 Di Jakarta Pusat

Acara yang dilaksanakan di Kantor Walikota Jakarta Pusat ini juga diikuti secara virtual oleh seluruh jajaran pemerintah dan TP PKK baik di tingkat kecamatan maupun kelurahan. Setelah peresmian selesai, acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama antara Rumah Sosial Kutub, Walikota, dan TP PKK Jakarta Pusat. Kemudian secara simultaan dilakukan penandatanganan papan komitmen dan penyerahan bantuan pangan untuk para pejuang lingkungan.(ARM)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.