Dark/Light Mode

Jaga Kelestarian Alam, CCEP Tanam 1500 Bibit Mangrove di DKI Jakarta

Senin, 6 September 2021 07:46 WIB
Jaga Kelestarian Alam, CCEP Tanam 1500 Bibit Mangrove di DKI Jakarta

RM.id  Rakyat Merdeka - Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia berkolaborasi dengan Taman Nasional Kepulauan Seribu, dan Rumah Literasi Hijau, melakukan penanaman 1.500 bibit mangrove di Pantai Utara Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta kemarin.

Regional Corporate Affairs Manager CCEP Indonesia, Nurlida Fatmikasari dalam keterangan tertulisnya mengatakan, menyadari betul pentingnya peran hutan mangrove bagi keseimbangan ekosistem. Kegiatan tanam pohon mangrove ini merupakan salah satu langkah CCEP Indonesia untuk terus berkontribusi dan mendukung kelestarian alam secara berkesinambungan.

Baca juga : KSP Turun Tangan Selesaikan Konflik Tanah 17,4 Hektar Di Malang

Menurutnya, Jenis mangrove yang ditanam rhizopora stylosa dan rhizopora mucronate di Pantai Utara Pulau Pramuka ini sudah dilakukan sejak 2020 oleh CCEP Indonesia. Dengan memperhatikan aspek ekologi, sosial dan ekonomi yang juga melibatkan masyarakat setempat.

Nurlida menjelaskan, Langkah CCEP Indonesia dalam upaya menjaga kelestarian hutan mangrove mendapat apresiasi dari Rumah Literasi Hijau sebagai mitra. Mahariah, menyatakan bahwa langkah CCEP Indonesia dapat menjadi contoh nyata peran pihak swasta tetap bisa berkontribusi terhadap konservasi hutan mangrove meski di masa pandemi seperti saat ini.

Baca juga : HKAN 2021, Pertamina Gas Kalimantan Tanam 200 Mangrove Di Kutai

“Kegiatan ini dapat menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi seluruh pihak untuk tetap berkontribusi terhadap kelestarian hutan mangrove. Hutan mangrove memiliki peran besar sebagai penyerap dan penyimpan karbon. Dengan konservasi mangrove, menjadi salah satu langkah mitigasi dan adaptasi perubahan iklim,” ujar Mahariah yang juga penerima penghargaan Kalpataru 2017 karena pengabdiannya terhadap lingkungan.

Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia saat ini berada di posisi teratas, negara dengan luas ekosistem hutan mangrove di seluruh dunia. Tercatat, hutan mangrove yang berada di wilayah Indonesia mencapai luasan 3,3 juta hektar. Luasan tersebut merupakan 23 persen dari total hutan mangrove yang ada di seluruh dunia dan dapat menyimpan karbon hingga sepertiga dari seluruh karbon yang tersimpan dalam ekosistem pesisir dunia. (ARM)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.