Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri KKP Ajak Warga Jaga Kebersihan Hutan Mangrove Dari Sampah

Rabu, 2 Juni 2021 21:16 WIB
Menteri Kelautan Dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. (Ist)
Menteri Kelautan Dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengajak Pemerintah Daerah dan masyarakat untuk menjaga kebersihan hutan mangrove dari sampah.

Hal ini ia sampaikan dalam acara pemotongan pita dan peresmian Apar Mangrove Park, di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman hari ini (2/6/2021).  

“Soal sampah, saya mengajak segala kalangan baik dari Pemerintah maupun dari masyarakat setempat serta pengunjung untuk sama-sama menjaga hutan mangrove ini agar selalu bersih dari sampah,” ajak Menteri Trenggono.  

Baca juga : Sandi Ajak Masyarakat Kuningan Bangun Desa Wisata

Lebih lanjut ia juga meminta kepada Pemerintah Daerah melalui Wali Kota Pariaman, Genius Umar untuk segera menyediakan tempat sampah di sepanjang trekking Apar Mangrove Park.  

“Mangrove ini adalah kehidupan. Kalau mangrove ini dapat kita jaga dengan baik, maka semakin baik pula nilai ekonominya. Agar kebermanfaatannya tidak berhenti sebagai pelindung ekosistem namun juga dapat berkembang dari segi potensi pariwisatanya sehingga kesejahteraan masyarakat desa meningkat,” tambahnya.

Trenggono juga mendorong pelebaran kawasan mangrove di wilayah Pariaman agar lebih luas sehingga manfaatnya juga akan lebih besar.

Baca juga : Menanti Kebangkrutan Maskapai Garuda

Pengembangan hutan mangrove tersebut merupakan salah satu bukti komitmen KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) dalam membangun sektor kelautan dan perikanan sesuai dengan prinsip Ekonomi Biru, salah satunya adalah keberlanjutan ekologi.  

Sebagai informasi, Apar Mangrove Park yang memiliki luas 10,62 hektare tersebut awalnya merupakan tanah kosong yang tidak produktif, hingga akhirnya pada tahun 2010, Pemerintah Daerah dan juga masyarakat desa setempat melalui kelompok-kelompok Penggerak Masyarakat Konservasi menanam 50.000 mangrove di lokasi tersebut.

Pada tahun 2020, KKP melalui BPSPL Padang melakukan pembangunan trekking Apar Mangrove Park.  

Baca juga : Duet Tanggo Di Catalunya

Selain melakukan peresmian Apar Mangrove Park, dalam kesempatan yang sama Trenggono juga mengunjungi UPTD Konservasi dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kota Pariaman untuk meninjau penangkaran penyu.

Selain itu Trenggono secara simbolis menyerahkan bantuan dari BPSPL Padang kepada Kelompok Andespin Deep West Sumatera yang menjadi salah satu penerima Bantuan Konservasi 2021 berupa peralatan alat selam lengkap.

Diantaranya, 1 unit dive compressor; 2 unit tabung selam/tank; 4 set Fin OH; 4 set alat snorkel; 4 set masker, serta peralatan Sosialisasi dan Pemantau (1 set kamera underwater sera 1 unit proyektor). [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.