Dark/Light Mode

Sustainability Festival 2021, Dukung Pelaporan Berkelanjutan

Jumat, 10 September 2021 07:09 WIB
Sustainability Festival 2021, Dukung Pelaporan Berkelanjutan

RM.id  Rakyat Merdeka - Sesuai dengan Peraturan OJK No.51/POJK.03/2017, perusahaan lembaga keuangan, emiten, dan perusahaan publik diminta untuk mengimplementasikan keuangan berkelanjutan dan pelaporan keberlanjutan. “Peraturan-peraturan ini menjadi dasar bagi perusahaan untuk dapat terus meningkatkan performa bisnis yang ramah lingkungan dan sosial,” tutur Dr. Semerdanta Pusaka, Country Director for SR Asia Indonesia.

Beberapa perusahaan swasta sudah berusaha untuk menerapkan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) secara bertanggung jawab untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan rendah karbon. Bulan September 2021 menjadi tahun keenam sejak ditetapkannya 2030 Agenda for Sustainable Development atau UN Sustainable Development Goals (SDGs).

Baca juga : BCA Desa Wisata Awards 2021, Dukung Pemulihan Sektor Wisata Di Tengah Pandemi

“SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) menjadi cita-cita seluruh warga dunia, termasuk Indonesia, yang diwujudkan dalam berbagai inisiatif untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik di masa depan,” ujar Delfania Matasik, MSc, Senior Sustainability Advisor Aicon Global Indonesia pada Virtual Konferensi Pers Sustainability Festival.

Tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah, seluruh elemen masyarakat termasuk sektor swasta berusaha untuk berkontribusi mewujudkan SDGs. Hal tersebut dijalankan antara lain melalui strategi usaha yang berkelanjutan, melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan, serta menyusun laporan berkelanjutan.

Baca juga : Sheraton Belitung Resort Tawarkan Beragam Kenyamanan

Untuk itu, Aicon Global Indonesia bekerja sama dengan Trisakti Sustainability Center dan SR Asia membuka kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut untuk meningkatkan pemahaman, serta menangkap aspirasi pelaku industri dalam menghadapi tantangan menjalankan praktik keberlanjutan.

Melalui Sustainability Festival 2021, Aicon Global Indonesia menyelenggarakan Sustainability September dengan tema “Mainstreaming Good Sustainability Practices” pada tanggal 13 – 17 September 2021 secara virtual. (ARM)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.