Dark/Light Mode

Lindungi Mata, Combiphar Ajak Masyarakat Terapkan Gaya Hidup Sehat

Kamis, 7 Oktober 2021 09:39 WIB
Lindungi Mata, Combiphar Ajak Masyarakat Terapkan Gaya Hidup Sehat

RM.id  Rakyat Merdeka - Kondisi pandemi membuat seseorang lebih banyak duduk atau berbaring sambil menonton televisi, membaca dan menatap layar gawai dalam jangka waktu yang cukup lama, hal ini akan berisiko terjadinya mata kering.

Menyikapi kondisi tersebut, Combiphar mengajak masyarakat kombinasikan gaya hidup sehat dan aktif serta konsumsi layar seimbang untuk mengurangi risiko mata kering. Hadir sebagai narasumber dalam acara Combiphar Health Desk, Weitarsa Hendarto - Senior Vice President Marketing & International Operations Combiphar; dr. Damara Andalia, Sp.M - Ophthalmologist; dan dr. Carlinda Nekawaty - Medical Expert Combiphar (6/10).

Baca juga : Kementan Libatkan Masyarakat Tekan Rabies Lewat KASIRA

“Masa pandemi memang menantang kita untuk terus melakukan aktivitas fisik, perlu mendisiplinkan diri agar banyak bergerak untuk menjaga kebugaran. Beraktivitas fisik akan memberikan keuntungan kesehatan dan menurunkan risiko penyakit, termasuk membantu kenyamanan mata. Oleh karena itu, kombinasi gaya hidup aktif dan sehat, serta konsumsi layar seimbang penting untuk segera dilakukan secara konsisten untuk menghindari mata kering,” ujar Senior Vice President Marketing & International Operations Combiphar, Weitarsa Hendarto.

Menurutnya, Penurunan produksi dan kualitas air mata adalah penyebab mata kering, yang jika tidak diatasi dapat menimbulkan komplikasi luka terbuka pada lapisan luar pelindung mata yakni kornea. Sehingga membuat penderita tidak nyaman, dan dapat mengalami depresi, gangguan tidur atau sakit kepala migrain. Jika mata menjadi kering, maka akan sangat mudah untuk mata terinfeksi hal-hal yang datang dari luar seperti polusi maupun bakteri.

Baca juga : Kominfo-MUI Ajak Masyarakat Bangkit Dari Pandemi Lewat Aksi

“Walau mata kering adalah penyakit yang sering ditemui, namun sifatnya kompleks, maka penting untuk mencari tahu secara detail penyebab dan faktor risiko dari mata kering agar dapat ditangani dengan baik sehingga tidak sampai mengganggu kualitas hidup. Penting pula bagi kita untuk menjaga kesehatan mata saat masa pandemi seperti ini, dengan menerapkan pola hidup sehat dan membatasi penggunaan screen dan AC yang berlebihan sebagai kunci preventif, serta penggunaan tetes mata yang tepat sesuai kebutuhan dan keadaan mata.” papar dr. Damara Andalia Sp.M, Ophthalmologist.

Oleh karena itu, kita perlu mewaspadai adanya dampak dari pola hidup tidak sehat yang dapat memicu sindrom metabolik sekaligus beresiko mengakibatkan mata kering. “Sindrom metabolik merupakan sekelompok gangguan kesehatan yang terjadi secara bersamaan. Jangan biarkan kondisi mata kering berkembang menjadi penyakit kronis yang parah, hal ini berakibat resisten terhadap pengobatan,” Jelas Medical Expert Combiphar, dr. Carlinda Nekawaty.

Baca juga : Jaga Alam, Garnier Ajak Masyarakat Gunakan Produk Ramah Lingkungan

Dalam mewujudkan komitmen Championing a Healthy Tomorrow untuk membantu menciptakan generasi Indonesia yang lebih sehat, Combiphar membagikan 3 tips yang dapat diterapkan untuk mengurangi resiko mata kering, pertama Batasi konsumsi penggunaan layar Menghabiskan waktu terlalu lama, kedua Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan ketiga Meningkatkan aktivitas fisik. Aktivitas fisik rutin seperti berolahraga, tambah dr. Carlinda. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.