Dark/Light Mode

40 Ribu Peserta Ikuti MPL Piala Presiden eSports 2021

Sabtu, 30 Oktober 2021 05:52 WIB
40 Ribu Peserta Ikuti MPL Piala Presiden eSports 2021

RM.id  Rakyat Merdeka - Mobile Premier League (MPL), mengumumkan jumlah pemain mobile eSport di Indonesia yang mendaftarkan diri untuk bertanding menjadi master Speed Chess MPL di Piala Presiden eSports (PPE) 2021 mencapai total 40.872 peserta. Pencapaian ini semakin mengukuhkan status turnamen Speed Chess yang baru pertama kali digelar di ajang PPE sebagai turnamen mobile game catur terbesar di Indonesia, berdasarkan jumlah peserta. MPL membuka registrasi untuk turnamen Speed Chess pada 4 Oktober 2021 di platform MPL dan secara resmi menutup pendaftaran pada 25 Oktober 2021.

Selain menghadirkan jumlah peserta terbanyak, turnamen yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan pemain eSport profesional dan industri eSport lokal ini juga merupakan turnamen mobile game catur menawarkan hadiah dengan jumlah terbesar, mencapai total Rp200 juta.

Baca juga : Antusiasme Meningkat, Peserta Piala Presiden Esports 2021 Tembus 107 Ribu Atlet 

Country Head MPL Indonesia, Ridzki Syahputera mengatakan, MPL sangat bangga dan bersemangat melihat tingginya animo masyarakat Indonesia terhadap turnamen Speed Chess yang kami gelar di Piala Presiden eSports 2021 di mana total lebih dari 40.000 peserta telah mendaftarkan diri. Pencapaian ini juga menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap cabang olahraga catur, serta mobile game berbasis ketangkasan dan turnamen kompetitif yang tersedia setiap harinya di platform MPL.

"Ke depannya, MPL akan memfokuskan upaya kami untuk memberikan pengalaman catur terbaik kepada para pemain di platform MPL saat mereka bersaing untuk memenangkan hadiah dan bagi penerima gelar pemenang turnamen catur online terbesar di Indonesia.”Tutur Ridzki .

Baca juga : Gelar Raker, Perum Perhutani Bahas Proyek Strategis 2022

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) Henry Hendratno, mengatakan, Turnamen mobile game Speed Chess yang digelar MPL dalam Piala Presiden eSports 2021 merupakan turnamen mobile game catur terbesar yang pernah diadakan di Indonesia. Sebagai organisasi olahraga catur nasional yang mengusung pembinaan serta pengembangan bakat dan kemampuan catur di tanah air.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan MPL untuk lebih mempopulerkan olahraga catur ke anak-anak muda di seluruh Indonesia lewat game Speed Chess di platform MPL. Kami berharap turnamen ini selain dapat membantu menumbuhkan olahraga catur di tanah air, juga mendukung lahirnya talenta-talenta catur nasional baru.” ungkapnya.

Baca juga : Timnas Putri Indonesia Masuk Grup Maut Di Final Piala Asia 2022

Sejak berdiri, Percasi memiliki komitmen untuk senantiasa mendorong pertumbuhan olahraga catur nasional melalui berbagai inisiatif dan kompetisi, baik di tingkat nasional maupun lokal. “Dari seluruh turnamen yang selama ini kami selenggarakan, turnamen mobile game Speed Chess merupakan sebuah terobosan baru yang terbukti mampu mengundang minat ribuan orang. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa dalam skala turnamen catur nasional,” tambah Henry.

Turnamen Speed Chess di PPE 2021 akan bertanding dengan sistem Battle Arena di mana format permainan akan mempertandingkan partisipan dengan pemain lain yang akan ditentukan secara acak oleh sistem, tanpa batas jumlah pemain lawan. Di babak kualifikasi, para pemain dapat mengumpulkan kemenangan sebanyak-banyaknya, karena peringkat pada klasemen akan ditentukan berdasarkan jumlah kemenangan terbanyak. Delapan pemain terbaik (TOP 8) yang akan diterbangkan secara khusus ke Jakarta untuk berkompetisi secara langsung. Informasi mengenai babak selanjutnya akan dibagikan di akun sosial media dan blog MPL. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.