Dark/Light Mode

HCNC 2021, Persiapkan SDM Tangguh, Adaptif dan Gesit

Kamis, 4 November 2021 14:35 WIB
HCNC 2021, Persiapkan SDM Tangguh, Adaptif dan Gesit

RM.id  Rakyat Merdeka - PPM Manajemen kembali menggelar Human Capital National Conference (HCNC) 2021 dengan tema Agile Talent & Human Capital: Preparing Organization For Dynamic Future Business Ecosystem, pada tanggal 3 – 4 November 2021.

Head of Center for Human Capital Development PPM Manajemen, Maharsi Anindyajati mengatakan, Tema tersebut didasari oleh respon terhadap kondisi Indonesia yang sudah menandatangani perjanjian Regional Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), bersama 15 negara lainnya, terdiri dari 10 negara ASEAN dan 5 mitra ASEAN yaitu Jepang, Korea Selatan, Tiongkok, Australia, dan Selandia Baru.

Baca juga : LAHOME Tawarkan Peralatan Masak Canggih dan Praktis

RCEP sebagai perjanjian perdagangan terbesar di dunia di luar Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) ini diperkirakan akan membawa banyak keuntungan di Indonesia. Di antaranya mendorong Indonesia lebih jauh ke dalam rantai pasok global (global supply chain), serta membuka lebar pasar ekspor-impor bagi perkembangan organisasi bisnis di Indonesia.

"Seiring dengan itu, industri bisnis juga harus semakin gesit dan fleksibel bila tidak ingin tertinggal. Karena itulah, diperlukan adanya sumber daya manusia (SDM) yang juga tangguh, adaptif, dan gesit" tutur Maharsi, kamis (4/11).

Baca juga : Hadapi 2024, PPP Rapatkan Barisan Bersama Ulama

Menurutnya, hal ini senada dengan hasil riset terbaru dari Center of Innovation & Collaboration (CIC) PPM Manajemen (2021). Riset tersebut menunjukan bahwa salah satu aspek tertinggi yang harus ditingkatkan perusahaan agar bisa semakin unggul dan berdaya saing tinggi adalah adanya SDM yang responsif terhadap perubahan (agile).

Di sisi lain, lanjutnya, mencari talenta unggul juga jadi tantangan tersendiri bagi sebuah organisasi bisnis. Di kondisi yang serba terbatas ini, seorang leader di bidang human capital harus punya strategi agar bisa membangun sebuah tim dengan SDM yang agile dan bisa menangani banyak perubahan. "Perubahan pendekatan juga harus dilakukan sebagai salah satu cara untuk memastikan perlindungan bagi SDM yang ada dalam organisasi tersebut" ucap Maharsi.

Baca juga : Persembahkan 4 Medali Untuk Papua, Nanik Novianti Putuskan Pensiun

Setiap tahunnya, HCNC juga menyajikan hasil riset tahunan dari Center for Human Capital Development (CHCD), serta mendatangkan narasumber high profile. Mulai dari kalangan CEO perusahaan-perusahaan swasta dan BUMN, hingga dari kalangan pejabat pemerintahan untuk memberikan insight terkait tema yang diusung. [ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.