Dark/Light Mode

Percepat Pengembangan SDM Secara Digital, Ruangguru Luncurkan Ruang Literasi

Rabu, 10 Nopember 2021 12:08 WIB
Percepat Pengembangan SDM Secara Digital, Ruangguru Luncurkan Ruang Literasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Ruangguru, meluncurkan platform belajar daring, Ruang Literasi Digital sebagai bentuk dukungan dan kolaborasi dengan program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) guna meningkatkan literasi digital masyarakat. Ruang Literasi Digital berisi puluhan konten video edukatif yang dapat diakses secara gratis agar masyarakat Indonesia dapat bermedia digital dengan lebih cakap, lebih aman, lebih etis, dan berbudaya.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius W. Pudjianto, dalam keterangan tertulisnya mengatakan, Percepatan transformasi digital adalah fokus utama yang patut dilakukan seluruh pemangku kepentingan. Sebagai negara yang besar, hal ini tentu tidak mudah, namun dapat dilakukan melalui kolaborasi untuk mendukung pengoperasian teknologi oleh masyarakat secara produktif dan bertanggung jawab dengan pemahaman yang efektif dan komprehensif.

Berita Terkait : Jubir Setneg: Pengobatan SBY Ditanggung Negara

"Literasi digital menjadi kunci utama untuk mempercepat pengembangan sumber daya manusia yang cakap memanfaatkan internet. Untuk menjangkau masyarakat seluas-luasnya, kami menggandeng Ruangguru sebagai mitra strategis guna mempercepat upaya merealisasikan target agenda Literasi Digital Nasional.” Tuturnya.

Hal senada dikatakan Pendiri dan Direktur Operasional Ruangguru, Iman Usman, Sebagai pelopor penyedia pendidikan berbasis teknologi terbesar di Asia Tenggara dengan lebih dari 25 juta pengguna, "Ruangguru sangat antusias dan bangga berkolaborasi bersama Kemenkominfo guna membuka akses yang lebih luas untuk membantu masyarakat Indonesia lebih cakap bermedia digital, sehingga menciptakan ranah digital yang lebih aman dan ramah bagi kita semua.” ucapnya.

Berita Terkait : Dukcapil Gandeng BSSN Bangun Digitalisasi Adminduk Dan Amankan Big Data

Kepala Kebijakan Publik Ruangguru, Amri Ilmma mengatakan, Melihat data-data yang menunjukkan kurangnya literasi digital yang mumpuni untuk masyarakat, Ruangguru meluncurkan platform belajar daring Ruang Literasi Digital sebagai upaya mendukung percepatan pemahaman literasi digital pada masyarakat Indonesia.

Platform belajar daring ini memberikan panduan belajar Dalam mengembangkan dan memproduksi konten, Ruangguru berpegang pada 4 pilar untuk menunjang literasi digital, yakni: 1. Cakap Bermedia Digital 2. Aman Bermedia Digital 3. Etis Bermedia Digital 4. Berbudaya dalam Bermedia Digital.

Berita Terkait : Dari Diganggu Lalat Pikat, Sampai Ditemani Badai Angin

Lebih dari itu, lanjut Amri, materi konten disajikan dengan berbagai ide terkini dalam bentuk animasi yang diproduksi secara kreatif dan interaktif bagi penonton, serta didukung dengan rangkuman infografis di seluruh video untuk memudahkan pengguna memahami materi secara lebih efektif. "Seluruh konten tersebut, dapat diakses secara gratis dan terbuka untuk seluruh masyarakat umum di berbagai kalangan mulai dari siswa, guru, orang tua, komunitas sosial, dan sebagainya.” pungkas Amri. [ARM]