Dark/Light Mode

Guru Besar Gizi IPB Ungkap Manfaat MSG Bagi Tubuh

Sabtu, 13 November 2021 08:59 WIB
Guru Besar Gizi IPB Ungkap Manfaat MSG Bagi Tubuh

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mencegah penyakit degeneratif, seperti diabetes, jantung, dan hipertensi, guna mewujudkan hidup sehat, penting untuk diperhatikan anjuran dari Kementerian Kesehatan RI tentang pembatasan asupan gula, garam, lemak (GGL).

Hal tersebut dikatakan Guru Besar Keamanan & Gizi Pangan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB, Prof Ahmad Sulaeman secara virtual dalam acara “Virtual Media Gathering” yang dikemas dalam format tur virtual pabrik di Ajinomoto Visitor Center yang diinisiasi PT AJINOMOTO INDONESIA yang bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional (12/11).

Baca juga : Dubes India Kumar Bharti, Promosikan Manfaat Rempah Bagi Kesehatan

“Sebenarnya jika kita ingin makanan yang kita konsumsi memiliki cita rasa yang tinggi, namun juga ingin diet rendah garam, dengan menggunakan bumbu umami seperti MSG bisa dijadikan solusi. Banyak penelitian di luar negeri seperti di Jepang, menunjukkan bahwa penggunaan MSG bisa menjadi strategi diet rendah garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa,” ungkap Prof Sulaeman.

Selain sebagai strategi diet rendah garam, Prof Ahmad mengungkapkan bahwa penggunaan bumbu umami seperti MSG pada masakan juga memiliki berbagai manfaat lain seperti meningkatkan selera makan sekaligus meningkatkan performa harian, meningkatkan pencernaan makanan berprotein, serta mampu meningkatkan produksi saliva (air liur) yang berperan membantu proses pencernaan senyawa kompleks di mulut, sehingga pada saat sudah di lambung pun kemudian mudah diserap tubuh.

Baca juga : Guru Besar IPB Sambut Baik Mega Dilantik Jadi Dewan Pengarah BRIN

Sementara Public Relations Dept Manager PT AJINOMOTO INDONESIA, Grant Senjaya menambahkan, Hari Kesehatan Nasional menjadi momentum yang penting bagi semua untuk saling mengingatkan tentang pentingnya menerapkan gaya hidup sehat terutama di masa pandemi Covid-19.

“Harapannya, melalui sharing session ini teman-teman media bisa menyebarluaskan pentingnya penerapan gaya hidup sehat dan juga fakta informatif dan ilmiah tentang bumbu umami seperti MSG. Kemudian, kegiatan tur virtual pabrik di Ajinomoto Visitor Center kami ini juga bisa menjadi sarana untuk mengedukasi masyarakat terkait produk-produk bumbu Ajinomoto yang terbuat dari bahan-bahan pilihan dan alami,” ujar Grant.

Baca juga : Guru Besar UGM: BPIP, Bangunlah Indonesia Dari Desa

“Sebenarnya kami ingin sekali mengundang teman-teman media secara langsung berkunjung ke Ajinomoto Visitor Center kami yang berlokasi di Pabrik Karawang. Harapannya semoga di kesempatan media gathering berikutnya kami bisa mengundang teman-teman semua secara langsung,” ucapnya.

PT AJINOMOTO INDONESIA tidak hanya akan terus menghadirkan kelezatan melalui produknya, tetapi juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Indonesia sebagai perusahaan penyedia solusi untuk permasalahan makanan dan kesehatan, pungkas Grant.[ARM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.