Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Guru Besar IPB Sambut Baik Mega Dilantik Jadi Dewan Pengarah BRIN

Rabu, 13 Oktober 2021 21:39 WIB
Presiden Jokowi saat melantik Dewan Pengarah BRIN, di Istana Negara, Rabu (13/10). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi saat melantik Dewan Pengarah BRIN, di Istana Negara, Rabu (13/10). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dwi Andreas Santosa menyambut baik pelantikan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang diketuai Megawati Soekarnoputri, oleh Presiden Jokowi, di Istana Negara, Rabu (13/10).

Dwi Andreas mengatakan, eksekutif BRIN dan Dewan Pengarahnya akan bekerja memastikan ide utama yang dituangkan lewat Peraturan Presiden Nomor 78 tahun 2021. "Riset dan inovasi adalah kata kunci perkembangan teknologi, pertumbuhan ekonomi, dan kemajuan sebuah bangsa," kata Dwi Andreas, seperti dikutip Antara, Rabu (13/10).

Baca juga : Megawati Sah Jadi Dewan Pengarah BRIN, Didampingi Sri Mul Dan Suharso

Menurut dia, BRIN dan Dewan Pengarahnya akan memastikan mulusnya proses penyatuaan berbagai lembaga riset yang selama ini terpisah. Selama ini, banyak pihak yang menduga bahwa lembaga dan pendanaan riset yang terpisah serta tak terkoordinasi menjadi salah satu penyebab lambannya kemajuan penelitian dan pengembangan di Indonesia.

Ketika semuanya dimasukkan ke dalam satu kapal dengan satu nakhoda, yakni BRIN, diharapkan tidak terjadi lagi duplikasi riset dan kesimpangsiuran tata kelola riset di Indonesia. "Diseminasi hasil riset, pemanfaatan hasil riset, dan inovasi serta link yang selama ini hilang antara hasil riset dan inovasi dengan pengguna baik kalangan industri/swasta maupun pengguna lainnya, bisa dibangun lebih baik di masa depan," kata Dwi.

Baca juga : Lewandowski Ngerasa Pantas Didaulat Jadi Pemain Terbaik Dunia

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik 10 Dewan Pengarah BRIN lewat upacara kenegaraan yang dilaksanakan di Istana Negara. Nama-namanya adalah:

1. Megawati Soekarnoputri sebagai ketua 
2. Menteri Keuangan sebagai wakil ketua
3. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas sebagai wakil ketua
4. Sudhamek Agung Waspodo Suyoto sebagai sekretaris
5. Prof Emil Salim sebagai anggota
6. Prof I Gede Wenten sebagai anggota
7. Bambang Kesowo sebagai anggota
8. Prof Adi Utarini sebagai anggota
9. Prof Marsudi Wahyu Kisworo sebagai anggota
10. Tri Mumpuni sebagai anggota

Baca juga : Kabar Baik, Tiga Pilar Juku Eja Yang Cedera Sudah Pulih

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko menegaskan, para anggota Dewan Pengarah akan memastikan dukungan teknokratis dan politis. Sehingga jajaran eksekutif di BRIN mampu melaksanakan manajemen dan eksekusi riset-penelitian di Indonesia, yang selama ini tersebar di berbagai kementerian/lembaga. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.