Dark/Light Mode

Sandiaga Kenalkan Sneakers Lokal Berbahan Limbah Ramah Lingkungan

Jumat, 3 Desember 2021 18:44 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno tak kenal lelah untuk terus berupaya mendorong kebangkitan ekonomi kreatif. Terutama, di tengah pandemi Covid-19.

Dukungan tersebut kali ini diwujudkannya dengan memperkenalkan dua produk kreatif karya anak bangsa. Yakni, merek Bio Sneakers NODE dan Helm Trooper.

Baca juga : Kurangi Plastik, Kemenperin Dorong Penggunaan Kemasan Ramah Lingkungan

Sandi menjelaskan, kedua produk ini menjadi contoh bahwa pelaku ekonomi kreatif tetap bisa berinovasi meski dihantam pandemi.

"Ini adalah kolaborasi pelaku ekonomi kreatif dengan pemerintah," kata Sandi dalam keterangan resminya, Jumat (3/12).

Baca juga : ESDM Sabet 2 Penghargaan Pembangunan Energi Berbasis Lingkungan

Dia menjelaskan, kedua produk ini memiliki keistimewaan tersendiri. Produk Bio Sneakers NODE ialah produk sepatu yang salah satu bahan bakunya menggunakan sekam padi.

Dengan bantuan dari Balitbang Kementerian Pertanian, sekam padi yang biasanya dibuang setelah proses penggilingan padi, diolah menjadi nanobiosilika dan menjadi salah satu bahan baku sepatu NODE.

Baca juga : Ale-Ale Kenalkan Variannya Rasa Mangga

"Ini 100 persen biodegradable. Ketika sudah tidak dipakai dan ditanam di tanah, sepatu ini akan mengurai dengan sendirinya selama 8 tahun," jelas founder NODE David Chrisnaldi.

Sementara, helm Trooper diproduksi dengan corak lukisan tangan yang sederhana namun unik dan kreatif. "Tidak hanya sekadar helm, namun juga ada ekspresi dari sebuah seni dan budaya," ujar Chief Creative Relations Trooper Custom Helmet Ai Syarif.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.