Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

SDM Unggul Dan Literasi Sejak Dini Kunci Indonesia Maju

Selasa, 7 Desember 2021 15:07 WIB
Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi (kanan) dalam Talk Show Publik Perpusnas Meniti Jalan Literasi Untuk Wujudkan SDM Unggul Indonesia Maju, secara daring, Selasa (7/12). (Foto: Dok. Perpusnas)
Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi (kanan) dalam Talk Show Publik Perpusnas Meniti Jalan Literasi Untuk Wujudkan SDM Unggul Indonesia Maju, secara daring, Selasa (7/12). (Foto: Dok. Perpusnas)

 Sebelumnya 
Deni melanjutkan, semua usaha ini juga tak lepas dari dari dukungan Bappenas dan Komisi X DPR, yang selalu memenuhi segala bentuk pendanaan. Meski pada beberapa bagian masih dirasa belum cukup, mengingat jangkauan wilayah kerja Perpusnas yang membentang jauh dari Sabang sampai Merauke.

Hadir bersama Deni dalam sesi ini adalah Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda. Politisi PKB ini mengapresiasi gerak cepat Perpusnas yang mampu beradaptasi pada masa pandemi ini. Misalnya, perintisan perpustakaan digital yang dilakukan begitu cepat dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari publik, yang tak bisa datang ke perpustakaan secara fisik.

Baca juga : Satgas Waspada Investasi Stop Operasi Rechain Digital Indonesia

“Komisi X DPR melihat Perpusnas konsisten mengadakan buku-buku yang berkualitas melalui berbagai program dan kegiatan. Ini menjadi penting karena buku merupakan instrumen yang tidak tergantikan dalam gerakan literasi. Oleh karena itu, kendala literasi di Indonesia, di mana masyarakat kesulitan mengakses buku, harus bisa diselesaikan,” kata Syaiful.

Pihaknya juga akan terus mendorong seluruh kelembagaan untuk berkolaborasi menjalankan gerakan literasi ini, untuk memperkuat peran perpustakaan sebagai jantung pendidikan di negeri ini. Gerakan literasi ini tak hanya didukung Komisi X DPR dari sisi regulasi dan anggaran, tapi juga sampai kepada peran sekolah dan komunitas yang sangat penting.

Baca juga : SoKlin Pewangi Dukung Wanita Muda Indonesia Tampil Percaya Diri

Menurutnya, sekolah dan komunitas berperan begitu besar dalam menumbuhkan minat baca anak, yang memang gerakan ini harus sampai ke generasi terkecil sedini mungkin. “Peran keluarga, peran sekolah dan komunitas menjadi tiga pilar yang sangat penting dalam merancang masa depan anak-anak kita, dengan tingkat literasi yang tinggi. Maka saya mengajak semua pihak untuk mengambil peran kita masing-masing, dan saya juga akan terus berperan agar gerakan literasi ini mendapatkan afirmasi anggaran yang lebih besar lagi dari tahun ke tahun,” tutupnya.

Menutup sesi ini, Deni juga menginformasikan kepada semua masyarakat yang ingin melihat dan memanfaatkan koleksi fisik perpustakaan secara langsung, sudah bisa dilayani. Namun, pihaknya tetap menerapkan prokes ketat dengan membatasi jumlah kunjungan per hari hanya 2.000 dari kapasitas 20.000 pengunjung Perpusnas di Merdeka Selatan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.