Dark/Light Mode

BPN Serahkan Sertipikat Redistribusi Tanah Eks HGU Di Semarang

Selasa, 7 Desember 2021 23:49 WIB
Menteri ATR, Sofyan A Djalil, menyerahkan 15 sertipikat tanah hasil dari program Redistribusi Tanah bekas Hak Guna Usaha (HGU) di Semarang.
Menteri ATR, Sofyan A Djalil, menyerahkan 15 sertipikat tanah hasil dari program Redistribusi Tanah bekas Hak Guna Usaha (HGU) di Semarang.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN), Sofyan A Djalil menyerahkan 15 sertipikat tanah hasil dari program Redistribusi Tanah bekas Hak Guna Usaha (HGU) PT Sinar Kartasura, Konsolidasi Tanah, Barang Milik Negara (BMN), Barang Milik Daerah (BMD), dan program Lintas Sektor di Kabupaten Semarang.

“Redistribusi tanah merupakan bagian dari upaya Kementerian ATR/BPN untuk memberikan kepastian hukum atas tanah yang telah bertahun-tahun dikelola oleh masyarakat. Insya Allah tanah ini akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk masyarakat," kata Sofyan, Selasa (7/12).

Baca juga : Gempari Terjun Ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

Menteri Sofyan melaporkan bahwa saat ini tengah dilakukan percepatan sertipikasi terhadap aset Pemerintah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tentunya, hal ini dapat berjalan lancar dengan bantuan berbagai pihak, khususnya Pemerintah Daerah.

"Ini ada setiap kepala kantor pertanahan dan kantor wilayah, ada yang mengawasi supaya seluruh aset ini bisa didaftarkan, disertipikatkan," tegasnya.

Baca juga : Sinergi Wujudkan Penataan Regulasi Dan Reformasi Hukum Dengan JDIH

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi langah Kementerian ATR dalam pembagian sertipikat tanah.  Ia mengatakan ATR  merupakan lembaga strategis yang diminati oleh masyarakat sejak mengeluarkan program sertipikasi tanah. Begitu pula dengan redistribusi tanah yang mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Provinsi Jawa Tengah.

"Redistribusi tanah ini sangat luar biasa. Sambutan masyarakat sangat top dan bantuan dari kawan-kawan termasuk dari Kementerian ATR/BPN yang kemudian mendampingi. Ini kerja ekstrakulikuler, tapi kalau di bawah terasa pokok karena ini konkret," tuturnya.  [MFA]

Baca juga : Kapal Pengangkutan Terbakar, Distribusi Pupuk Di Jateng Tak Terganggu

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.