Dark/Light Mode

Sandiaga Uno Sebut Wisatawan Nusantara Jadi Penyelamat Pariwisata

Kamis, 9 Desember 2021 12:45 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) turun 75 persen pada tahun ini. Namun, kata dia, jumlah wisatawan nusantara (wisnus) menjadi penyelamat pariwisata Indonesia.

"Ada good news bahwa kebangkitan pariwisata sekarang ditopang oleh wisatawan domestik, wisnus jadi dewa penyelamat kita," ujar Sandi dalam keterangan resmi, Kamis (9/12).

Baca juga : Piala Presiden Esports 2021 Diharapkan Mampu Dongkrak Pariwisata BaliĀ 

Sedangkan pada tahun depan, Sandi menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 1,5 juta hingga 2 juta. "Itu sudah kami masukkan sebagai kesepakatan dengan DPR sebagai target kita dan dicatat Bappenas. Memang jauh dari angka 16 juta di 2019, tapi kami yakin pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan jadi fokus kita ke depan," ungkapnya.

Kendati terjadi penurunan wisman, Sandi akan fokus pada pertumbuhan kunjungan wisnus. Dia berharap wisata nusantara berbasis alam dan budaya, serta dukungan dari kegiatan ekonomi kreatif, jadi ujung tombak pertumbuhan di 2022.

Baca juga : Sandiaga Uno Masuk Jajaran Menteri Berkinerja Terbaik Versi Indikator

Adapun Badan Pusat Statistik mencatat jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Oktober 2021 mencapai 151,03 ribu kunjungan atau turun 0,83 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan pada bulan Oktober 2020.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.