Dark/Light Mode

Bu..., Vaksin Covid-19 Aman Kok Untuk Anak

Kamis, 16 Desember 2021 07:10 WIB
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 pada siswa di SDN Kawung Luwuk, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/12/2021). (Foto: Antara/Arif Firmansyah)
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 pada siswa di SDN Kawung Luwuk, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/12/2021). (Foto: Antara/Arif Firmansyah)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para orang tua diminta tidak perlu khawatir dengan vaksinasi Covid-19 untuk usia anak 6 sampai 11 tahun. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memastikan, vaksin Covid-19 untuk anak-anak, aman.

Anggota Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof Cissy Kartasasmita menjelaskan, vaksin Covid-19 yang diberikan untuk anak usia 6 sampai 11 tahun tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Vaksin ustru memberikan perlindungan bagi anak dan anggota keluarga lainnya. ”Vaksin untuk anak ini aman karena sudah mendapat izin,” katanya dalam diskusi, kemarin.

Baca juga : Cek Di Sini, Vaksin Covid Yang Sudah Dinyatakan Aman Untuk Anak

Adapun vaksin yang digunakan untuk sementara adalah merk Sinovac. Merk asal China ini sudah mendapat izin atau persetujuan penggunaan pada masa darurat atau Nomor Izin Edar (NIE) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Untuk mendapatkan NIE tersebut vaksin harus melalui berbagai tahapan hingga dinyatakan aman untuk disuntikkan kepada anak.

“Vaksin ini sebelumnya juga sudah uji klinik ya pada tiap kelompok usia, baik 18-60 tahun, di atas 60 tahun dan juga kelompok 12-17 tahun,” ungkap dokter dan perempuan pertama yang menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat.

Baca juga : Mulai 24 Desember, Vaksinasi Covid Untuk Anak Sudah Bisa Jalan

Dia juga menyebut, vaksin tersebut sudah terbukti efektif. Vaksin juga telah lolos uji coba pada anak usia 3 sampai 17 tahun di China. “Di negara lain vaksin ini hasilnya aman dan efektif,” paparnya.

Ketua Pokja Imunisasi Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia (PERALMUNI) ini menegaskan lagi bahwa vaksin ini tidak akan memberi dampak buruk bagi anak setelah menerima suntikan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.