Dark/Light Mode

Wapres Ingatkan Pendidikan Tinggi Lakukan Transformasi Dan Perkuat Kolaborasi Dengan Industri

Sabtu, 18 Desember 2021 19:09 WIB
Wapres KH Maruf Amin. (Foto: Instagram)
Wapres KH Maruf Amin. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk menjawab berbagai tantangan dengan cara  memperkuat kolaborasi dan kerja sama dengan dunia industri.

"Demi menjawab tantangan perubahan yang ada, institusi pendidikan tinggi harus terus melakukan transformasi dan memperkuat kolaborasi, termasuk dengan dunia usaha dan dunia industri," ujar Wapres di acara The 5th International Seminar and Conference on Global Issues (ISCoGI) 2021 melalui konferensi video dari Jakarta, Sabtu (18/12).

Baca juga : 3 Proyek Kelistrikan Tegangan Tinggi PLN Beroperasi, Banten Siap Sambut Investasi

Selain berkolaborasi dengan dunia industri, lanjut Wapres, lembaga pendidikan tinggi juga harus memperluas kerja sama dengan pemerintah, lembaga nonpemerintah, organisasi, dan media.

"Transformasi dan kolaborasi perlu untuk menjadikan pendidikan tinggi berkelas dunia. Setidaknya kedua upaya tersebut dapat diterapkan dalam beberapa kerangka," katanya.

Baca juga : Menko Polhukam Perkuat Kerjasama Dengan Dewan Keamanan Rusia

Untuk menyelaraskan penerapan ilmu pengetahuan dengan kebutuhan industri, Wapres meminta perguruan tinggi mengembangkan penelitian bersama berbagai pihak terkait, baik kampus lain maupun dunia usaha.

"Pendidikan tinggi sebagai motor inovasi dapat menginisiasi kolaborasi dalam bentuk joint research. Hal ini penting agar pembiayaan makin efisien, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selaras dengan kebutuhan industri dan masyarakat," ujar Wapres. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.