Dark/Light Mode

Airlangga: Masih Ada 17 Provinsi Di Luar Jawa Bali, Yang Cakupan Vaksinasinya Di Bawah 70 Persen

Senin, 20 Desember 2021 21:10 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: YouTube)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkap, rata-rata nasional pencapaian vaksinasi dosis-1 mencapai angka 72,9 persen, dan dosis-2 sebesar 51,4 persen.

Wilayah luar Jawa Bali menyumbang 53,9 persen laju rata-rata harian vaksinasi nasional.

Baca juga : Marah, Kapolda Metro Jaya Minta Polisi Yang Tolak Laporan Warga Dimutasi

"Namun, masih ada 17 provinsi yang capaian vaksinasi dosis-1 masih di bawah 70 persen. Ini perlu didorong percepatannya, terutama untuk Provinsi Papua," kata Airlangga dalam konferensi pers PPKM, Senin (20/12).

Terkait program vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun yang sudah dimulai seminggu lalu, Airlangga menyebut, program ini meningkatkan laju vaksinasi nasional dengan rata-rata 1.030.503 dosis per hari. 

Baca juga : Yuk Bunda, Antarkan Anak Ke Layanan Vaksinasi Covid

Masih Digodok

Airlangga juga menyampaikan, saat ini pemerintah sedang dilakukan proses evaluasi vaksin booster homolog dari tiga produsen (Pfizer, Sinovac, dan Astra Zeneca) di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Baca juga : Prof. Tjandra: Baiknya, Anak Diajak Ngobrol Juga Soal Keluhan Ringan Pasca Vaksinasi

Saat ini, pemerintah masih menggodok revisi Peraturan Presiden (Perpres) dan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) untuk dasar pengaturan vaksin booster, termasuk mengenai harga, distribusi dan pelaksanaan vaksinasi booster tersebut. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.