Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menhub Lepas Ekspor Gerbong Barang INKA ke Selandia Baru

Jumat, 31 Desember 2021 19:58 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melepas secara simbolis ekspor tahap pertama bagian dari sebanyak 262 gerbong barang jenis
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melepas secara simbolis ekspor tahap pertama bagian dari sebanyak 262 gerbong barang jenis "container flat top wagon" buatan PT INKA (Persero) di Madiun, Jatim, Jumat (31/12) ke Selandia Baru. (ANTARA/Louis Rika)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi melepas ekspor tahap pertama sebanyak 262 gerbong barang jenis container flat top wagon ke Selandia Baru.

Pelepasan itu dilakukan Menhub saat mengunjungi kantor PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun, Jawa Timur, Jumat (31/12).
 
Dalam sambutannya, Menhub menyatakan kebanggaannya atas capaian dari PT INKA yang telah mampu menciptakan produk yang mampu bersaing di pasar Internasional.

“Kita harus bangga, anak bangsa mampu mengekspor produk yang memiliki nilai strategis dan ekonomi yang tinggi,” ujarnya.

Baca juga : Petugas Gerebek Sarang Narkoba Di Priok, 27 Orang Ditangkap

Budi mengungkapkan, PT INKA tidak hanya membuat gerbong kereta api, tetapi juga membuat bus listrik yang nanti akan disiapkan untuk perhelatan KTT G20 di Bali dan pembuatan kontainer untuk kapal tol laut di wilayah Indonesia Timur.

“Semua itu adalah barang produktif yang memberikan dukungan investasi, dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Menhub berpesan kepada PT INKA agar terus dapat menjaga kualitas dan harga, yang dapat meningkatkan daya saing produknya di luar negeri.

Baca juga : Ketemu Dubes Jepang, Gubernur Ganjar Pranowo Pengen Kerja Sama Penanggulangan Bencana

“Pak Presiden Joko Widodo meminta kepada saya untuk terus mengawal produk-produk dalam negeri,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro mengatakan, pemesan gerbong barang dari PT INKA yaitu perusahaan Kiwi Rail, BUMN di Selandia Baru yang bergerak sebagai operator transportasi perkeretaapian dan juga sebagai operator feri antarpulau terbesar di negara tersebut.

“Masih ada beberapa paket kerja sama yang akan kita perjuangkan. Semoga PT INKA mendapatkan proyek selanjutnya,” ujarnya.

Baca juga : Diageo Indonesia Ekspor Perdana Minuman Beralkohol Ke Thailand

Ekspor ini diharapkan menjadi langkah besar Indonesia dalam hal ini khususnya INKA untuk kembali mengambil peran di pasar kereta api di wilayah Oseania. 

Sebelumnya, PT INKA juga telah melakukan ekspor sebanyak 224 blizzard centre sills untuk BradkenRail, Australia. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.