Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dipermak Kemenhub, Terminal Tirtonadi Solo Kini Bisa Jadi Tempat Konser

Minggu, 9 Januari 2022 17:35 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (berkaos hitam) menjajal fasilitas olahraga di Terminal Tirtonadi, Solo. (Foto: Dok. Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (berkaos hitam) menjajal fasilitas olahraga di Terminal Tirtonadi, Solo. (Foto: Dok. Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan mengubah wajah Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah. Dengan wajah barunya, terminal tipe A tersebut kini bukan sekadar terminal bus biasa, tetapi memiliki fasilitas ruang serbaguna yang bisa dipergunakan untuk berbagai kegiatan seperti pameran, konser musik, pernikahan, kegiatan seni budaya, olahraga, kuliner, dan kegiatan lainnya. Kini, Terminal Tirtonadi menjadi pusat kegiatan masyarakat Solo dan sekitarnya.

Terminal ini menempati lahan seluas sekitar 5 hektare, dengan luas bangunan Sport Center seluas 1.512 meter persegi mampu menampung 300 penonton tribun. Kemudian, memiliki Convention Hall seluas 3.564 meter persegi yang mampu menampung hingga 2.500 orang.

Terminal Tirtonadi juga terhubung dengan Stasiun Solo Balapan dan Bandara Adi Sumarmo. Penumpang bus yang akan melanjutkan perjalanan kereta bisa berjalan melalui jembatan (sky bridge) sepanjang kurang lebih 500 meter menuju Stasiun Solo Balapan, dan bisa lanjut menggunakan Kereta Bandara Adi Sumarmo (KA BIAS) menuju bandara. Begitu pun sebaliknya.

Baca juga : Menhub Resmikan Pembangunan Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kalioso

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Terminal Tirtonadi menjadi contoh pertama penerapan konsep baru pengelolaan sebuah terminal di Indonesia, yang memiliki nilai tambah dan mendukung berbagai sektor lainnya seperti pariwisata, industri, sosial, seni budaya, ekonomi dan sektor lainnya.

“Solo adalah kota yang cekli (kecil tapi menyenangkan). Kami berupaya mendukung potensi yang ada di Kota Solo melalui revitalisasi Terminal Tirtonadi yang kini memiliki fasilitas convention hall, sport center, food court, dan lain sebagainya, yang akan menarik perhatian masyarakat,” kata Menhub, dalam keterangan yang diterima RM.id, Minggu (8/1).

Menhub mengungkapkan, dengan adanya tambahan fasilitas tersebut, diharapkan semakin banyak masyarakat dari berbagai kalangan, anak muda hingga orang tua, dan para penikmat seni yang datang dan merasa nyaman berada di terminal. “Kita harapkan nantinya juga dapat meningkatkan kembali minat masyarakat menggunakan angkutan umum bus,” ujarnya.

Baca juga : Magetan Kini Punya Graha Pusat Literasi

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyambut baik inovasi yang dilakukan di Terminal Tirtonadi. Menurutnya, fasilitas yang ada di terminal bisa digunakan untuk mendukung event-event rutin yang ada di kota Solo, seperti pertunjukan seni, musik, turnamen olahraga, dan event lainnya.

“Sudah ada beberapa event di Kota Solo yang diselenggarakan di Terminal Tirtonadi. Seperti pertunjukan Solo Keroncong, konser Rock in Solo, dan sejumlah turnamen olahraga. Fasilitas di sini cukup komplit, benar-benar One Stop Solution ada di sini,” tutur Gibran.

Pada Sabtu malam (8/1), Menhub bersama Gibran menghadiri konser musik yang digelar di Convention Hall yang berada di lantai 2 Terminal Tirtonadi. Dalam konser yang digelar secara hybrid (luring dan daring), menghadirkan penyanyi ternama Tulus dan turut diisi oleh para pegiat seni dari kota Solo.

Baca juga : Omicron Terdeteksi, Kemenhub Perketat Pengawasan Prokes Di Semua Moda Transportasi

Menhub juga meninjau Sport Center yang juga berada di lantai 2 terminal dan melihat kegiatan yang tengah berlangsung yaitu futsal, gymnastic, dan taekwondo. Sementara di area outdoor,  juga ada komunitas sepatu roda yang tengah berlatih dan komunitas food truck yang menjajakan kuliner. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.