Dark/Light Mode

Perkuat Pesan Presidensi G20 Indonesia, Kominfo Gandeng E-Commerce

Selasa, 11 Januari 2022 21:05 WIB
Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong (Foto: Dok. Kominfo)
Dirjen IKP Kementerian Kominfo Usman Kansong (Foto: Dok. Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng sejumlah perusahaan di bidang perdagangan elektronik (e-commerce) untuk menyosialisasikan Presidensi G20 Indonesia ke masyarakat. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Kominfo Usman Kansong mengatakan, perusahaan e-commerce telah dikenal masyarakat secara luas, sehingga bisa turut berperan menjadi saluran penyampai informasi terkait peran dan manfaat Presidensi G20 dengan tepat dan baik.

“Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, bagaimana meramaikan Presidensi G20 Indonesia melalui Komunikasi Publik (di Kementerian Kominfo),” ujar Usman, saat bertemu dengan sejumlah perusahaan e-commerce, di Kantor Kominfo, Jakarta, Selasa (11/1).

Usman melanjutkan, peran dan geliat perusahaan e-commerce semakin terlihat. Bahkan tetap mampu berkembang selama pandemi Covid-19. Melonjaknya minat masyarakat untuk berbelanja secara online, karena kondisi pandemi, turut mendorong perkembangannya.

Baca juga : Tim Perempuan Terbaik Indonesia Bakal Ramaikan UniPin Ladies Series Season 2

Perusahaan e-commerce, lanjut Usman, juga memiliki berbagai keunggulan dalam hal teknologi dan ide-ide kreatif. Hal ini bisa dikolaborasikan dengan strategi komunikasi publik yang dimiliki Kementerian Kominfo.

“Kami ingin ada kontribusi teman-temen (perusahaan e-commerce) di sini. Kami ingin ada yang konkret dari segi showcase (sebagai penunjang informasi Presidensi G20),” ujar Usman.

Usman mengungkapkan, dalam setiap kesempatan, Presiden Jokowi telah menegaskan gelaran G20 harus menjadi momentum seluruh sektor menunjukkan peran sekaligus mengambil manfaat dari event internasional ini. Makanya, Usman meminta para pemangku kepentingan, terutama masyarakat di sekitar lokasi pertemuan G20, bisa mengambil peran. “Dari sisi komunikasi publik, kami bayangkan masyarakat Indonesia punya rasa memiliki terkait presidensi G20,” ujarnya.

Baca juga : TikTok Digugat Perusahaan Indonesia, Gara-Gara Apa?

Keterlibatan perusahaan e-commerce diharapkan bisa turut membumikan isu-isu yang akan dibahas dalam setiap pertemuan di G20. Sehingga, selain mendukung terselenggaranya kegiatan, masyarakat juga bisa mengambil manfaat. Oleh karenanya, Usman berharap akan terjalin kolaborasi baik antara perusahaan-perusahaan e-commerce dan Kementerian Kominfo.

Staf Khusus Menteri Kominfo JH Phillip Gobang menambahkan, momentum Presidensi Indonesia G20 harus ikut dirasakan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Kolaborasi Kementerian Kominfo dengan e-commerce diharapkan bisa membuahkan berbagai gagasan atau ide yang menarik perhatian dunia terhadap kemajuan transformasi digital yang sedang dilakukan Pemerintah.

“Dalam diskusi ini kami ingin mendengar ide-ide besar dari teman-teman (e-commerce) dengan begitu kita bisa berkolaborasi terkait dengan hal-hal yang bisa dilakukan kerja sama untuk membumikan Presidensi G20 ini sehingga betul-betul dirasakan oleh masyarakat kepentingan dan manfaatnya,” kata Phillip. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.