Dark/Light Mode

Lewat Program MBKM, SEAMEO Centers Jaga Kualitas Pendidikan Indonesia Di Masa Pandemi

Jumat, 28 Januari 2022 18:58 WIB
Webinar bertajuk Peran SEAMEO, khususnya SEAMEO Center Indonesia (SCI), dalam peningkatan mutu Pendidikan pasca Pandemi Covid-19, Jumat (28/1). (Foto: Zoom)
Webinar bertajuk Peran SEAMEO, khususnya SEAMEO Center Indonesia (SCI), dalam peningkatan mutu Pendidikan pasca Pandemi Covid-19, Jumat (28/1). (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia masih menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak masyarakat. Termasuk, kesiapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Namun, situasi ini tidak menyurutkan optimisme Southeast Asia Ministers of Education (SEAMEO) Centers di Indonesia (SCI), yang di dalamnya juga termasuk SEAMEO Regional Center for Food and Nutrition (RECFON), untuk tetap menyukseskan program tersebut. 

Baca juga : Dubes Mayerfas Resmikan Asosiasi Pengusaha Indonesia Di Belanda

Direktur SEAMEO RECFON Muchtaruddin Mansyur menjelaskan, pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama lebih dari dua tahun telah memberikan dampak yang mengancam masa depan generasi penerus.

Dengan berbagai amanat yang diberikan ke masing- masing center, SCI berperan penting untuk mencegah terjadinya hambatan keberhasilan pendidikan di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga : Saat Pandemi, Kesehatan Dan Pendidikan Anak Sama Pentingnya

"Pengenalan situasi pandemi dalam perspektif nasional maupun global menjadi penting agar SCI dapat memaksimalkan peluang yang ada untuk menjaga kualitas Pendidikan melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka," ujar Muchtarudin, di sela-sela acara webinar "Peran SEAMEO, khususnya SEAMEO Center Indonesia (SCI), dalam peningkatan mutu Pendidikan pasca Pandemi Covid-19", Jumat (28/1).

Webinar SCI ini digelar sebagai forum diskusi soal potensi dan optimisme SCI untuk mendukung program MBKM. MBKM sendiri merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Baca juga : Program USAID 9,9 Juta Dolar, Amerika Bantu Indonesia Lawan Korupsi

Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Termasuk di lingkungan SCI.

Di Indonesia terdapat 7 SEAMEO Centre yang mengembangkan program-program yang turut mendukung program MBKM, yaitu SEAMEO BIOTROP, SEAMEO SEAMOLEC, SEAMEO RECFON, SEAMEO QITEP in Mathematic, SEAMEO QITEP in Science, SEAMEO QITEP in Language dan SEAMEO CECCEP. Ketujuh SEAMEO Centre ini berada di bawah koordinasi Kemendikbudristek.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.