Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemensos Bantu Anak Yatim Terdampak Erupsi Semeru

Senin, 31 Januari 2022 14:00 WIB
Mensos Tri Rismaharini mengunjungi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (05/12/).
Mensos Tri Rismaharini mengunjungi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (05/12/).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sosial (Kemensos) dan Pemerintah Daerah berkomitmen untuk membantu masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur. Sejak erupsi terjadi, Kemensos telah memberikan respon cepat dengan menyerahkan bantuan logistik.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini  mengatakan, saat ini Pemerintah melakukan pendataan anak-anak yang menjadi yatim, piatu, maupun yatim piatu (YAPI) akibat erupsi Gunung Semeru. Mereka bisa mendapatkan bantuan sosial.

“Lagi kita data untuk dimasukan ke program bantuan sosial. Kita lakukan (pendataan) untuk program sosial, untuk PKH (Program Keluarga Harapan) anak yatim dan keluarganya,” kata Mensos dalam keterangannya, Senin (31/1).

Sejalan dengan arahan Mensos, Pemkab Malang dan jajaran melakukan pendataan. Menurut Kepala Dinas Sosial Kabupaten Malang Nurhasyim, dampak erupsi Semeru di Kabupaten Malang tidak seberat di Kabupaten Lumajang.

Baca juga : Mazda Indonesia Bantu Pembangunan Fasilitas Umum Korban Erupsi Semeru

Kabupaten Malang bekerjasama dengan instansi pemerintah lainnya, termasuk dengan Kementerian Sosial dalam mengatasi dampak bencana. Terkait dengan yatim piatu korban erupsi Semeru, sejauh ini hanya ditemukan satu orang.

“Anak yatim piatu terdampak erupsi Semeru di Kabupaten Malang,  tercatat satu orang. Ayahnya meninggal saat truk pengangkut pasir yang tengah berada di sungai, terendam lahar dingin. Berkasnya disampaikan ke Kemensos di Jakarta,” kata Nurhasyim.

Sesuai arahan Mensos, Kemensos melalui Unit Pelayanan Teknis (UPT) juga secara proaktif melakukan pelacakan dan memberikan pelayanan kepada YAPI. Salah satu UPT Kemensos yakni Balai Handayani memberikan pelayanan kepada DR bocah 9 tahun yang orangtuanya meninggal akibat erupsi Semeru. 

Sejak kejadian bencana, DR dalam pengasuhan keluarga terdekat yakni kakeknya. Ia memberikan paket pemenuhan kehidupan layak dasar dalam mendukung pemenuhan Gizi dan kesehatan Anak, yaitu makanan siap saji, susu, biskuit, vitamin, minyak kayu putih, masker, dan handsanitizer.

Baca juga : Pupuk Kaltim Serap Jejak Karbon 2 Juta Ton Per Tahun

Kemudian juga melakukan pemberian motivasi serta dukungan emosional kepada keluarga pengasuh/wali anak terkait kehilangan yang menimpanya.

Selain bantuan untuk anak yatim, piatu dan yatim-piatu, Kemensos juga memberikan layanan dukungan psikososial secara umum kepada warga terdampak. Sebab, selain menimbulkan korban jiwa, erupsi juga menyisakan trauma psikologis bagi korban terdampak terutama usia anak.

Layanan dukungan psikososial di antaranya diberikan oleh Balai “Margo Laras” Pati yang melaksanakan kegiatan respon kedaruratan dan layanan dukungan psikososial. Tim Balai “Margo Laras” Pati melaksanakan kegiatan respon kedaruratan di  Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur Pada  6-8 Desember 2021.  Unit pelayanan teknis Kemensos lainnya juga memberikan layanan lain yang dibutuhkan masyarakat. 

Sebelumnya, Mensos  Tri Rismaharini datang ke lokasi bencana erupsi Semeru yang terjadi, pada Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.20 WIB. Erupsi Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar, suara gemuruh, serta asap pekat berwarna abu-abu.

Baca juga : PWI Peduli Serahkan Bantuan Untuk 2 Desa Terdampak Letusan Semeru

Sehari kemudian, Mensos mengunjungi warga terdampak erupsi Gunung Semeru yang mengungsi di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (05/12/2021). 

Mensos juga berkunjung ke lokasi lain terdampak erupsi Gunung Semeru  di Kabupaten Lumajang. Mensos hadir untuk memastikan masyarakat terdampak mendapatkan logistik. Dalam beberapa kesempatan, Mensos juga berkunjung ke tenda pengungsian untuk bertemu anak-anak.

Kepada generasi masa depan tersebut, Mensos menghibur dengan mengajak mereka bernyanyi dan tak lupa membagikan bantuan. Mensos memberikan perhatian khusus anak-anak terdampak erupsi Gunung Semeru. [DIR] 
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.