Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ciptakan Banyak Program, KLHK Serius Garap Green Leadership

Jumat, 4 Februari 2022 09:36 WIB
Sekjen selaku Plt Kepala Badan P2SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Bambang Hendroyono
Sekjen selaku Plt Kepala Badan P2SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Bambang Hendroyono

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen selaku Plt Kepala Badan P2SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Bambang Hendroyono menyatakan, KLHK mendorong munculnya pemimpin yang berwawasan lingkungan (green leadership).

Bambang mengungkapkan, Menteri (LHK) Siti Nurbaya, selalu menyampaikan pentingnya green leadership, kepemimpinan berwawasan lingkungan, proaktif, penuh insiatif, dan kreatif terhadap kepentingan orang banyak dan alam semesta.

"Nah di sinilah letak dari sentral isu lingkungan global, kepentingan orang banyak dan alam semesta. Dalam upaya menjawab isu ini, maka perlu dilahirkannya, sosok sosok pemimpin yang memiliki talenta, yang tak perlu diragukan lagi kepeduliannya terhadap lingkungan. Sosok pemimpin yang mampu merumuskan suatu kebijakan dengan pendekatan pro lingkungan," papar Bambang di Jakarta, Kamis (3/2/).

Baca juga : Kendalikan Bank Muamalat, BPKH Bisa Perkuat Portofolio Dana Haji

Untuk merealisasikannya, kata Bambang, Kementerian LHK mengisiniasi sejumlah program. Diantaranya, menggelar diklat aparatur dan non-aparatur LHK, pelatihan masyarakat yang mampu mengelola lingkungan hidup dan kehutanan secara lestari.

"Sebut saja, misalnya, kelompok tani hutan, komunitas masyarakat dan lembaga dan satuan pendidikan formal. Peningkatan kapasitas pelaku utama dan pelaku usaha LHK, seperti tadi, KTH Mandiri, Lembaga Pelatihan Pemagangan Usaha Kehutanan Swadaya Masyarakat, Wanawiyata Widya Karya dan tenaga penyuluh pendamping," tuturnya.

Selain itu, jelas Bambang, KLHK memiliki program untuk mendorong lahirnya pemimpin hijau alias green leadership.

Baca juga : Produksi Minyak Goreng Murah, Kemenperin Gandeng 70 Industri

Yakni melalui penghargaan Kalpataru, Adiwiyata, Wana Lestari, dan belakangan ini ada program Nirwasita Tanra.

"Penghargaan Nirwasita Tantra ini, khusus bupati, wali kota dan gubernur, menjadi bagian dari program green leadership. Dan itu memang bagian dari program Kementerian LHK dalam mengkader pemimpin pro lingkungan di tingkat tapak, bahkan juga ketingkat pusat. Dan ini memang dirancang untuk semua lapisan. Tokoh tokoh masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi, dan berinovasi untuk menciptakan lingkungan lebih baik, agar lebih berkreasi," terangnya.

Untuk internal LHK baik pusat atau daerah, kata Bambang, kiprah kepemimpinan sudah masuk dalam program-program utama, khusus standarnya masuk RPJMN 2024 dan RENSTRA.

Baca juga : Terbangun 78 Penyalur, Program BBM Satu Harga Lebihi Target

Ada suatu terobosan di KLHK dengan memasukkan inisiatif public yang berkonsep kepemimpinan hijau.

"Ini kesempatan bagi semua pemimpin muda di lingkup Kementerian LHK seluruh Indonesia. Mulai dari kepala seksi, hingga Dirjen, termasuk saya, Sekjen, untuk mulai dan terus menebarkan sikap kepemimpinan sejati. Agar menjadi pemimpin yang bisa diteladani, kharismatik, menjadi sosok green leaders yang mampu menjawab berbagai persoalan lingkungan," paparnya.

"Kini saatnya juga kita  mengevaluasi diri, apakah kita belum proaktif, atau memang belum peduli. Kita hanya sekedar duduk di kantor, memerintah memerintah, tak pernah turun langsung, menyentuh persoalan-persoalan mendasar yang memerlukan keputusan bersama dari berbagai tingkatan," pungkasnya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.