Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KSP Dorong ASN Jadi Komunikator Untuk Gaungkan Presidensi G20

Sabtu, 5 Februari 2022 12:16 WIB
Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan, Juri Ardiantoro. (Foto: Dok. KSP).
Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan, Juri Ardiantoro. (Foto: Dok. KSP).

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Juri Ardiantoro, menjelaskan bahwa strategi untuk membumikan narasi G20 dan glorifikasi kegiatan tersebut adalah kolaborasi kuat antara seluruh aparat sipil negara (ASN), mesin dan cabang birokrasi pemerintah dengan masyarakat menjadi sangat penting.

“Kita punya lebih dari 30 Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi, 514 Kab/Kota, belum lagi banyaknya Kecamatan, Kelurahan dan Desa di Indonesia. Bisa dibayangkan berapa banyak ASN dan aparat pemerintah yang bisa kita dorong menjadi komunikator untuk menyampaikan glorifikasi isu G20 dan membangun ‘demam’ G20,” ujar Juri, Sabtu (5/2).

Hal ini Ia sampaikan dalam acara Webinar “Kick Off Setneg Mantul Road to G20” yang diadakan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) bersama Bakohumas (Badan Koordinasi Kehumasan) Pemerintah.

Baca juga : Kontribusi Positif NU Untuk Bangsa Perlu Terus Dijaga

Acara yang digelar secara hybrid ini juga turut dihadiri oleh beberapa Kementerian/Lembaga terkait dan lebih dari 300 peserta.

Saat menjadi pembicara kunci dalam kegiatan tersebut, Juri menegaskan saat ini Pemerintah Pusat mendorong Pemerintah Daerah hingga Desa dan Kelurahan untuk mengkomunikasikan isu G20 dalam berbagai hal.

“Kita perlu memberikan pesan ke masyarakat bahwa Indonesia adalah negara yang kuat dan punya banyak modal untuk bisa bertahan dalam menghadapi masalah. Selain itu, kita harus menunjukkan bahwa Indonesia sedang memainkan peranan penting dalam pergaulan internasional,” lanjutnya.

Baca juga : KSP Ajak Iprahumas Ikut Kendalikan Komunikasi Publik Presidensi G20

Juri berharap agar G20 mampu menjadi legacy pemerintahan Jokowi - Ma’ruf Amin dan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja baik pemerintah.

Terkait hal tersebut, KSP aktif berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kemensesneg dalam mengintegrasikan narasi untuk diseminasi informasi terkait penyelenggaraan Presidensi G20.

“Di kalangan masyarakat berkembang persepsi publik bahwa G20 itu isu elitis yang tidak terjangkau bagi masyarakat. Ini tantangan bagi kita untuk membumikan isu G20 agar mudah dipahami, sehingga ini menjadi isu bersama milik masyarakat, milik akar rumput,” imbuh Sekretaris Kemensesneg, Setya Utama. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.