Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KSP: Pengembangan Mandalika Tak Berhenti Pada Gelaran MotoGP

Sabtu, 12 Februari 2022 14:46 WIB
Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta. (Foto: Dok. KSP)
Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta. (Foto: Dok. KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi I Kepala Staf Kepresidenan RI Febry Calvin mengingatkan, bahwa pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tidak berhenti pada ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia, yang rencananya digelar di Sirkuit Mandalika pada Maret mendatang.

Ke depan, kata dia, akan banyak agenda nasional dan internasional yang akan digelar, dan diharapkan bisa melahirkan pertumbuhan ekonomi baru.

Baca juga : Pemkab Lombok Tengah Sediakan Lapak Gratis Untuk UMKM Di Gelaran MotoGP

"MotoGP ini hanya permulaan saja. Nantinya akan ada banyak lagi event berskala nasional dan internasional. Karena itu butuh dukungan seluruh elemen masyarakat agar bisa melahirkan multiplier effect yang bersifat jangka panjang," tegas Febry, pada tim media KSP, Sabtu (12/2).

Menurut Febry, salah satu kunci untuk menumbuhkan multiplier effect dari pengembangan Mandalika, yakni melalui pemberdayaan masyarakat lokal. Hal ini sesuai dengan komitmen dan arahan Presiden Jokowi saat menetapkan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Baca juga : Garuda Layani Rute Penerbangan Surabaya-Lombok

"Sejak awal pengembangan Mandalika dirancang secara holistik. Pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat lokal harus dilakukan secara beriringan," tuturnya.

Pria kelahiran Ambon ini juga menyebut ada banyak sektor pendukung kegiatan pariwisata yang akan merasakan dampak multiplier dari pengembangan Mandalika.

Baca juga : Sah! Ajang MotoGP di Mandalika Disebut Pertamina Grand Prix of Indonesia

Ia mencontohkan, konstruksi, penyedia akomodasi, makan dan minum, serta transportasi dan UMKM. "Kegiatan-kegiatan ini tentunya akan melibatkan masyarakat lokal," ucapnya.

"Intinya Mandalika bukan proyek gagah-gagahan, tapi memang didedikasikan untuk masyarakat Indonesia khususnya masyarakat NTB," ujar Febry. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.