Dark/Light Mode

Perkuat Sektor Pertanian, Kementan Tingkatkan Peran Inkubator Pemberdayaan UMKM

Jumat, 18 Februari 2022 18:31 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat memberikan arahan kepada para pejabat eselon I dan pemerintah daerah untuk peningkatan produktivitas pangan nasional. (Foto: Istimewa)
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat memberikan arahan kepada para pejabat eselon I dan pemerintah daerah untuk peningkatan produktivitas pangan nasional. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Efektifkan Penyuluh Pertanian

Kepala Unit Pelayanan Teknis Pelatihan SDM Pertanian, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sulawesi Selatan Asnida Abbas menjelaskan, penyuluh pertanian memiliki peran strategis dalam pengembangan kewirausahaan pangan.

Baca juga : Telkomsel Umumkan 5 Startup Pemenang Tinc Batch 7, Ini Daftarnya

Pertama, membangun dan mengembangkan kewirausahaan berbasis karakteristik pasar dan produk. Kedua, mendampingi pengendalian mutu produk dari hulu hilir berdasar SNI. Ketiga, membuka kemitraan produk, kemitraan pasar, kemitraan pembiayaan (KUR) dan kemitraan teknologi dengan Perguruan Tinggi.

Keempat, lanjutnya, penyuluh dapat mendorong dan menjadi bagian, bersama kelompok lain untuk korporasi petani berbasis ekspor. Kelima, memfasiltasi promosi melalui jejaring kemitraan dengan lintas sektoral.

Baca juga : Genjot Ekspor, Kementan-Kemenperin Tingkatkan Kualitas Produk Pangan

"Tahapan pendampingan yang telah dilakukan adalah identifikasi penumbuhan atau pengembangan usaha dari pelaku usaha, poktan dan gapoktan, memfasilitasi sinergi dan integrasi program dengan stakeholder terkait dan bimbingan teknis terkait inovasi, peningkatan pengetahuan dan keterampilan melalui bimbingan teknis dan lainnya," tutur Asnida. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.