Dark/Light Mode

Hadiri Penutupan Rakornas BNPB 2022

Muhadjir Ingatkan 5 Arahan Presiden Jokowi

Kamis, 24 Februari 2022 19:24 WIB
Penutupan Rakornas BNPN 2022. (Foto: Dok. Kemenko PMK)
Penutupan Rakornas BNPN 2022. (Foto: Dok. Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menghadiri penutupan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di ICE BSD, Tangerang Selatan, Kamis (24/2).

Ia mengingatkan Kepala BNPB Suharyanto beserta jajaran mengenai arahan Presiden Jokowi dalam upaya peningkatan penanganan tanggap darurat bencana di Indonesia. Arahan tersebut sebagiamana disampaikan Presiden saat membuka Rakornas BNPB 2022, Selasa (22/2).

Baca juga : Tiga Kali WTP, Menhan Ingatkan Duit Pertahanan Jangan Dikorupsi

“Saya hanya ingin ingatkan 5 arahan Presiden Jokowi saat pembukaan Rakornas. Kalau nanti itu dilaksanakan dengan sungguh-sungguh di lapangan pasti akan berjalan dengan sangat baik,” tegas Muhadjir dalam keterangannya, Kamis (24/2).

Lima arahan Presiden terkait peningkatan penanganan tanggap darurat bencana yaitu, pertama, memantapkan budaya kerja (corporate culture) BNPB yang harus selalu siaga, antisipatif, responsif, dan adaptif.

Baca juga : Kepala BP2MI Ingatkan Ancaman Perang Ideologis

“Yang tidak kalah penting menurut saya, jangan sekali-kali mengabaikan perkembangan ilmu pengetahuan bidang kebencanaan dan perkembangan teknologi yang digunakan untuk penanganan kebencanaan,” cetus Muhadjir.

Lebih lanjut, arahan kedua dari Presiden Jokowi, bahwa seluruh jajaran BNPB harus membangun kolaborasi yang mengedepankan pada upaya pencegahan. Pasalnya, apabila pencegahan dapat ditangani dengan baik maka penanganan saat bencana tidak akan menguras banyak energi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.