Dark/Light Mode

Kementan Gercep Bantu Korban Gempa Pasaman Barat

Senin, 28 Februari 2022 20:49 WIB
Penyaluran bantuan sosial korban gempa Pasaman Barat dari Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan/Ist
Penyaluran bantuan sosial korban gempa Pasaman Barat dari Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) berupaya gerak cepat alias gercep membantu korban gempa di Pasaman Barat, Sumatera Barat, khususnya bagi peternak. 

Bantuan yang diberikan berupa telur konsumsi dan sarana produksi ternak, hijauan pakan ternak, konsentrat dan obat obatan ternak.

Kepala BPTU HPT Padang Mengatas, Dani Kusworo, sebagai salah satu UPT Ditjen PKH Kementan menyampaikan, dalam membantu masyarakat korban gempa, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan telah mengarahkan untuk mempercepat bantuan sebagai rasa kepedulian kepada masyarakat melalui BPTU HPT Padang Mengatas.

Baca juga : Bantu Warga Terdampak Gempa Pasaman Barat, Kemenag Salurkan Rp 2,35 M

"Arahan Bapak Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan telah kami tindak lanjuti dengan memberikan bantuan peternakan  langsung, diserahkan oleh Tim ke Dinas yang membidangi fungsi peternakan di Pasaman Barat," jelas Dani saat menyerahkan bantuan pada, Sabtu (26/2).

Dia berharap, bantuan ini memberikan keringan bagi para peternak yang terdampak gempa. Paling tidak, dalam beberapa hari ini pakan ternak dapat dimanfaatkan.

Terpisah, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Nasrullah mengatakan, gempa ini menjadi ujian bagi warga Pasaman Barat. Ini juga musibah bagi seluruh penduduk Indonesia.

Baca juga : Tanggap Bencana, Pegadaian Salurkan Bantuan Untuk Korban Gempa Pasaman Barat

"Sebagai bentuk solidaritas rasa persatuan kita untuk berbagi dengan sesama. Ujian ini menjadi ladang amal untuk semua warga, dari kita harus memberikan contoh,” ucap Nasrullah.

Dia menginstruksikan seluruh stakeholder peternakan turut bergerak menunjukkan kepedulian terhadap para korban gempa. Sebab, bantuan apapun dapat membantu korban gempa di Pasaman Barat.

“Kami ajak bersama-sama memberi sumbangan bantuan, apapun bentuknya. Karena sekecil apapun bantuan kita, akan sangat berarti bagi keluarga, saudara kita, di sana,” tuturnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.