Dark/Light Mode

Aglomerasi Jabodetabek & Surabaya Raya Level 2

Luhut: Kasus Harian Di Jawa Bali Menurun, Kecuali DIY

Senin, 7 Maret 2022 15:39 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual terkait hasil Rapat Terbatas PPKM, Senin (7/3). (Foto: YouTube)
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual terkait hasil Rapat Terbatas PPKM, Senin (7/3). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan, kondisi dan penanganan Covid-19 kini semakin membaik.

Tren kasus harian nasional dilaporkan menurun sangat signifikan. Begitu pula tingkat rawat inap di rumah sakit. Sementara tingkat kematian akibat Covid juga semakin melandai.

"Secara khusus kami sampaikan, tren penurunan kasus harian terjadi di seluruh provinsi di wilayah Jawa dan Bali. Bahkan, tingkat rawat inap di seluruh rumah sakit juga menurun. Kecuali, DIY. Namun, kami memprediksi, DIY juga akan mengalami penurunan kasus dalam beberapa hari ke depan," jelas Luhut dalam keterangan pers virtual terkait hasil Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Senin (7/3).

Baca juga : Insya Allah, Puasa-Lebaran Omicron Reda

Luhut menambahkan, jumlah kasus kematian di provinsi DKI Jakarta, Bali, dan Banten juga mengalami penurunan. Situasi serupa juga diyakini terjadi di provinsi lainnya. 

Penghuni Level 2 Bertambah 

Seiring perbaikan situasi Covid-19, sejumlah kabupaten/kota yang masuk ke Level 2 meningkat cukup signifikan. Seluruh aglomerasi di wilayah Jabodetabek dan Surabaya Raya kembali masuk ke Level 2. karena penurunan kasus konfirmasi harian dan rawat inap RS.  dan RI. 

Baca juga : Duh, 3 Minggu Kasus Melonjak 5 Kali Lipat

Informasi rinci terkait hal tersebut, akan dijelaskan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru, yang akan terbit hari ini. 

"Selain level asesmen yang menunjukkan tanda-tanda perbaikan, mobilitas masyarakat juga kembali meningkat cukup tinggi. Ini terlihat dalam pergerakan data Google Mobility yang kami ambil dalam sepekan terakhir," ujar Luhut.

"Seiring membaiknya kondisi pandemi dan meningkatnya mobilitas masyarakat, pemerintah terus mendorong tingkat kekebalan masyarakat,dengan mengakselerasi capaian vaksinasi dosis kedua. Khususnya, untuk lansia," pungkasnya. [HES]

Baca juga : Aglomerasi Jabodetabek Turun Ke Level 2, Kecuali Kabupaten Bogor Dan Tangerang

 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.