Dark/Light Mode

Jokowi Targetkan Tahun Ini Transformasi Digital UMKM Tembus 20 Juta

Senin, 28 Maret 2022 14:44 WIB
Presiden Jokowi dalam pengarahan dan pembukaan secara resmi dari Istana Negara secara virtual, Senin (28/3). (Foro: Istimewa)
Presiden Jokowi dalam pengarahan dan pembukaan secara resmi dari Istana Negara secara virtual, Senin (28/3). (Foro: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 17,5 juta UMKM sudah masuk dalam ekosistem digital. Namun jumlah ini dinilai Presiden Jokowi belum cukup dan harus terus ditingkatkan.

Momentum saat ini tepat untuk dimanfaatkan lebih banyak lagi UMKM transformasi digital, mengisi marketplace, dan menjadi bagian dari rantai pasok agar UMKM naik kelas," ucap Jokowi dalam pengarahan dan pembukaan secara resmi dari Istana Negara secara virtual, yang juga didampingi Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki, Senin (28/3).

Baca juga : KLHK Sukses Transformasi Digital Di Sektor Kehutanan

Pembukaan juga dilakukan secara hybrid di Gedung Smesco yang turut dihadiri Jajaran Deputi Kemenkop UKM, Gubernur dan Wakil Gubernur dari berbagai daerah, serta Dinas Koperasi dan UKM di berbagai daerah.

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia tak boleh hanya jadi penonton di tengah masifnya perkembangan ekonomi digital. Ia juga menekankan sudah cukup Indonesia dibanjiri dengan produk impor, sehingga kebutuhan produk harus bisa dipenuhi produk dalam negeri.

Baca juga : Jokowi Resmikan Taman Wisata Dan Kuliner Di Kota Kupang

"Saya titip dalam Rakornas jumlah UMKM dipastikan onboarding masuk marketplace atau platform digital harus mencapai target 20 juta minimal di tahun ini, dan meningkat 24 juta di tahun depan, sampai 30 juta di 2024," pinta Jokowi.

Target tersebut bisa diwujudkan dengan adanya kerja keras semua pihak dan memiliki tujuan dan keinginan yang sama.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.