Dark/Light Mode

Jokowi Targetkan Tahun Ini Transformasi Digital UMKM Tembus 20 Juta

Senin, 28 Maret 2022 14:44 WIB
Presiden Jokowi dalam pengarahan dan pembukaan secara resmi dari Istana Negara secara virtual, Senin (28/3). (Foro: Istimewa)
Presiden Jokowi dalam pengarahan dan pembukaan secara resmi dari Istana Negara secara virtual, Senin (28/3). (Foro: Istimewa)

 Sebelumnya 
"Dengan target yang ditentukan Insya Allah kita bisa. Jumlah koperasi berbasis digital juga harua ditingkatkan dari 250 di 2022 menjadi 400 di tahun 2023 di 500 di tahun 2024. Begitu juga 1 juta UMKM yang onboarding di e-Katalog LKPP dalam dituntaskan tahun ini," ujar Jokowi.

Ia juga mengingatkan kepada Pemerintah Pusat hingga daerah, para menteri maupun BUMN, bahwa anggaran BUMN semua harus difokuskan untuk membeli produk dalam negeri utamanya, yang diproduksi oleh UMKM Tanah Air.

Baca juga : KLHK Sukses Transformasi Digital Di Sektor Kehutanan

Jokowi juga meminta peningkatan SDM KUMKM terus dilakukan, mulai dari pusat hingga daerah. KUMKM harus lebih kompetitif dan berkualitas. Membenahi packaging (kemasan).

"Saya sudah menandatangani Perpres Nomor 2 Tahun 2022, pengembangan wirausaha nasional untuk lebih baik lagi. Lebih banyak wirausaha-wirausaha muda yang maju dan produktif untuk bersaing di pasar global," imbuhnya.

Baca juga : Jokowi Resmikan Taman Wisata Dan Kuliner Di Kota Kupang

Yang tak kalah penting sambung Jokowi, agar pemerintah pusat dan daerah mempermudah perizinan dan akses produk UMKM smakin kreatif dan menarik.

"Pendataan tunggal yang komprehensif dan berkualitas. Tujuannya, agar UMKM tumbuh fokus terarah dan berkelanjutan terus maju," pungkas Presiden Jokowi. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.