Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Alsintan Bantu Petani Kalsel Kembangkan Budidaya Pertanian

Senin, 4 April 2022 21:42 WIB
Penggunaan alsintan untuk pertanian/Istimewa
Penggunaan alsintan untuk pertanian/Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu program peningkatan produktivitas pertanian adalah melalui alat mesin pertanian (Alsintan). Oleh karenanya, Kementerian Pertanian (Kementan) terus merealisasikan penggunaan alsintan bagi petani. 

Salah satunya sebagaimana direalisasikan untuk petani di Kalimantan Selatan (Kalsel). Dengan menggunakan alsintan, budidaya pertanian di Kalsel semakin berkembang pesat.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menuturkan, sejak awal memang alsintan ini diarahkan untuk peningkatan produksi pangan dan kesejahteraan petani.

Menurutnya, alsintan akan bermanfaat untuk mempercepat proses pengolahan tanah, masa tanam dan masa panen. Tentu ini akan memacu produktivitas dan kesejahteraan petani.

Baca juga : Suara Presiden 3 Periode Bukan Suaranya Istana

"Pengembangan alsintan diharapkan seimbang dengan tenaga kerja manusia, sehingga pengembangan pertanian tetap memberdayakan petani dengan teknologi pertanian yang maju, mandiri dan modern," tegas Mentan SYL.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menuturkan, dengan alsintan, mengolah sawah yang tadinya membutuhkan waktu 5-6 jam untuk luas lahan satu hektar, kini hanya hitungan jam saja. 

Dikatakan Ali, Kementan juga terus memodernisasi alat-alat pertanian, agar pertanian kita sejalan dengan tujuan pembangunan pertanian nasional, yakni menyediakan pangan untuk seluruh rakyat, meningkatkan kesejahteraan petani dan menggenjot ekspor.

"Alsintan dapat membantu petani menghemat waktu, tenaga, dan biaya produksi pertanian. Salah satunya, dibutuhkan pada saat masa musim tanam," jelas Ali.

Baca juga : Airlangga: Kebijakan Gas, Rem Dan Satu Komando Sukses Kembalikan Ekonomi Ke Jalur Positif

Selain itu, Ali menegaskan, dengan alsintan petani semakin beradaptasi dengan era 4.0 yang ditandai dengan penggunaan teknologi dan mekanisasi pertanian. 

“Kami terus mendorong agar petani kita dapat beradaptasi dan memanfaatkan teknologi untuk pengembangan budidaya pertanian mereka," katanya.

Direktur Alsintan Ditjen PSP Kementan, Andi Nur Alamsyah menambahkan, alsintan yang dikelola dengan baik akan memberikan pemasukan lebih kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani (poktan) dan gabungan kelompok tani (gapoktan). 

Selain itu, pengelolaan alsintan juga didorong melalui UPJA sehingga pemanfaatannya lebih efektif dan optimal.

Baca juga : Daerah Perbatasan Butuh Perhatian Lho

“Dengan begitu, petani akan mendapatkan nilai tambah dari hasil usaha penyewaan alsintan ini," katanya. 

Dia berharap, para petani dapat memaksimalkan pemanfaatan bantuan alsintan yang diberikan. [WHY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.