Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mentan Tinjau Produksi Tahu Di Jakarta, Pastikan Ketersediaan Kedelai Aman

Jumat, 8 April 2022 16:13 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meninjau kegiatan produksi perajin tahu tempe di Jakarta, Jumat (8/4)/Ist
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat meninjau kegiatan produksi perajin tahu tempe di Jakarta, Jumat (8/4)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meninjau produksi tahu di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan komoditas kedelai sebagai bahan baku utama pembuatan tahu. Khususnya dalam memenuhi kebutuhan puasa dan Lebaran.

"Saya telah mendengar langsung dari perajin tahu di Jakarta Selatan bahwa ketersediaan kedelai untuk puasa dan Lebaran dalam kondisi aman," ujar SYL saat berdialog dengan perajin tahu Mampang Prapatan, Jumat (8/4))

Menurut SYL, pemerintah saat ini terus mengupayakan peningkatan produksi kedelai lokal dengan menyediakan bibit unggul hasil penelitian Balitbangtan. Bahkan, produksi tahun ini ditargetkan mencapai 1 juta ton yang ditanam di atas lahan 650 ribu hektare.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM Di Jakarta? Datang Saja Ke 6 Lokasi Ini

Sementara, harga komoditas kedelai di pasar internasional dalam kondisi yang cukup bagus.  Saat ini harganya berada di kisaran Rp 10 ribu per kilogram. Dengan posisi itu, pemerintah mengajak masyarakat melakukan penanaman secara besar-besaran.

"Sekarang harganya relatif bagus kok, Rp 10 ribu. Jadi, saya mengajak semua pihak yang terlihat dalam pembangunan pertanian untuk menanam kedelai," katanya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris Kota Jakarta Selatan Ali Murtado mengatakan, ketersediaan tahu untuk puasa dan Lebaran dalam kondisi aman. Jaminan itu, menurut Ali, hampir bisa dipastikan karena selama ini banyak perajin di wilayah kotanya terus melakukan komunikasi secara intens.

Baca juga : Gandeng MHI, Pyridam Farma Pasarkan Brand Betadine di Indonesia

"Tadi juga kita diminta sama Bapak Menteri (SYL) untuk terus berkomunikasi dan mendampingi para perajin tahu, agar tetap berproduksi memenuhi kebutuhan puasa dan Lebaran. Saya pastikan kebutuhannya aman," katanya.

Perajin tahu setempat dari CR Jaya Terus, Carido menyampaikan terima kasih atas dukungan Mentan terhadap ketahanan pangan khusus kedelai di wilayah DKI Jakarta.

Kata Carido, para perajin siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk menjamin kebutuhan tahu tetap dalam kondisi aman.

Baca juga : Kapolri Bentuk Satgas Gabungan Pastikan Ketersediaan Minyak Goreng

"Di wilayah kami, sekarang produksinya mencapai 20 kuintal. Bisa dipastikan stok sampai Lebaran dalam kondisi mencukupi. Alhamdulillah, ketersediaan dan harga bahan baku dalam kondisi aman," ujarnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.