Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perkuat Akses Pangan Berkualitas

Kementan Gelar Pangan Murah Di Kalimantan Utara

Senin, 11 April 2022 08:57 WIB
Toko Tani Indonesia Center binaan Ditjen Hortikultura Kementan saat menggelar pangan murah di Tanjung Selor, Sabtu (9/4). (Foto: Istimewa)
Toko Tani Indonesia Center binaan Ditjen Hortikultura Kementan saat menggelar pangan murah di Tanjung Selor, Sabtu (9/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasar Mitra Tani (PMT) atau Toko Tani Indonesia Center (TTIC) binaan Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) melaksanakan Gelar Pangan Murah (GPM) di provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Kegiatan ini dilakukan untuk memperkuat dan mempermudah akses masyarakat terhadap bahan pangan yang berkualitas dengan harga terjangkau, terutama pada Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

Harga pangan yang saat ini cenderung mengalami kenaikan salah satunya karena adanya peningkatan kebutuhan pangan di masa Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Meskipun demikian, berdasarkan hasil kunjungan lapangan termasuk ke pasar tradisional di wilayah Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara diketahui ketersediaan pangan pokok cukup aman dan terkendali.

Baca juga : Pantau Sejumlah Titik, Kementan Pastikan Bahan Pangan Pokok Di Kaltim Aman

Dalam kegiatan Gelar Pangan Murah ini, PMT/TTIC menjual berbagai komoditas pangan yang dibutuhkan masyarakat, meliputi sepuluh bahan pangan pokok/strategis seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging ayam, telur ayam, cabai rawit merah, bawang merah, dan bawang putih.

Gelar Pangan Murah menjual Beras Kaltara seharga Rp 60.000/5 liter, minyak goreng Rp 26.000/liter, gula pasir Rp 14.000/kg, telur ayam Rp 51.000/tray, bawang putih Rp 32.000/kg, bawang merah Rp 30.000/kilogram, cabai rawit merah Rp 60.000/kg, dan tepung terigu Rp 12.000/kg.

Gelar Pangan Murah dengan harga khusus ini disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat sekitar karena harga tersebut jauh lebih murah dari harga pasar. Bawang merah dan cabai rawit merah (CRM) yang dipasok dari luar Kaltara, yaitu dari Surabaya dan Sulawesi Selatan menjadikan harga komoditas ini cukup tinggi di pasar. Harga CRM di pasar berkisar Rp 80.000–90.000/kg, sementara bawang merah berkisar Rp 38.000–45.000/kg. 

Baca juga : Genjot Produktivitas, Kementan Evaluasi Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian

Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyampaikan bahwa sesuai arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), dalam mengawal ketersediaan pangan pokok di daerah, melibatkan secara aktif Toko Tani Indonesia Center (TTIC) yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

"Kegiatan ini ditujukan untuk mendukung stabilitas harga dan ketersediaan pangan terutama di wilayah-wilayah yang defisit yang memerlukan intervensi. Selanjutnya, kegiatan GPM ini diharapkan dapat melibatkan beragam stakeholders terkait logistik ketersediaan dan distribusi pangan di daerah, serta perlu diselenggarakan secara rutin di titik-titik terdekat dengan masyarakat," ujar Prihasto, saat dihubungi terpisah.

Hadir pada Gelar Pangan Murah di Kaltara, Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura, Retno Sri Hartati Mulyandari optimis bahwa harga pangan pokok secara nasional stabil selama Bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri.

Baca juga : Sawah Di Sumba Timur Diserang Hama Belalang, Kementan Sarankan Petani Ikut AUTP

Gelar Pangan Murah yang dilaksanakan PMT/TTIC Pusat Ditjen Hortikultura bekerja sama dengan PMT/TTIC Provinsi Kalimantan Utara dilaksanakan di Jl. Sengkawit Nomor 86, Simpang Tugu Dumai, Tanjung Selor, Bulungan.

"PMT/TTIC Provinsi ini dapat berperan memperpendek rantai pasok dengan mendekatkan sumber produksi pangan, sehingga mudah diakses oleh masyarakat dengan harga terjangkau. Dengan demikian, ditargetkan ketersediaan pangan terjaga dengan harga masih terjangkau oleh masyarakat," jelas Retno.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.