Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menjelang Lebaran

Baru PNS Yang Senyumnya Lebar

Minggu, 17 April 2022 06:35 WIB
Ilustrasi THR PNS. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi THR PNS. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua minggu menjelang Lebaran, baru PNS saja yang senyumnya lebar. Para abdi negara itu, akan mendapatkan THR full, gaji ke-13 dan mendapatkan bonus tunjangan kinerja (tukin) 50 persen. Sementara pegawai non PNS dan rakyat masih gelap.

Kabar soal THR PNS ini disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani, kemarin. Dia menggelar jumpa pers khusus soal THR PNS secara online. Hadir dalam kesempatan itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo dan Sekjen Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro.

Berita Terkait : Jelang Lebaran, BRI Siapkan Uang Tunai Rp 46,85 T

Dalam paparannya, Sri Mulyani mengatakan, pemerintah telah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji Ke-13 kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Tahun 2022. Pada tahun ini, PNS juga dapat bonus tukin 50 persen.

Menurut Sri Mulyani, pemberian THR dan gaji ke-13 bentuk penghargaan atas kontribusi dan pengabdian aparatur negara dan daerah, pensiunan dalam menangani pandemi dengan melaksanakan pelayanan masyarakat. Untuk gaji ke-13 akan dibayarkan Juli.

Berita Terkait : Mall Tunjungan Plaza Surabaya Terbakar

“Pemberian THR dan Gaji ke-13 ini dapat menambah daya beli masyarakat serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

THR akan diberikan kepada seluruh aparatur negara dan pensiunan yang terdiri dari aparatur negara pusat sekitar 1,8 juta pegawai. Lalu aparatur negara daerah 3,7 juta pegawai dan pensiunan sekitar 3,3 juta orang.

Berita Terkait : LPS Ingatkan Perbankan Transparan Soal Produk Yang Dijualnya

Eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, pemerintah menyiapkan anggaran Rp 34,3 triliun untuk pembayaran THR. Dana tersebut terdiri dari Rp 19,3 triliun untuk aparatur negara yang bekerja pada instansi pusat yang anggarannya telah disediakan pada masing-masing Kementerian/ Lembaga. Sekitar Rp 15 triliun untuk pembayaran THR bagi aparatur negara yang bekerja pada pemerintah daerah.

“Pembayaran THR mulai dilakukan 18 April 2022,” tukas Sri Mulyani.
 Selanjutnya