Dark/Light Mode

Persaingan Pilpres Sudah Selesai

Yuk, Kita Hadapi Persaingan Global

Minggu, 30 Juni 2019 08:11 WIB
Joko Widodo (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan). (Foto: Istimewa).
Joko Widodo (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Polhukam Wiranto mengajak semua pihak mengakhiri persaingan politik karena persaingan pilpres sudah berakhir.

“Persaingan di dalam negeri sudah selesai. Kita harus sadar sedang menghadapi persaingan sesungguhnya yakni persaingan ekonomi, hukum dan lain-lainnya, menghadapi negara lain baik di tingkat regional maupun global,” ungkap Wiranto di Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga : Priangan Timur Berpotensi Tingkatkan Produksi Pisang Nasional

Menurutnya, pemilu adalah persaingan temporer. Setelah prosesnya berakhir sudah seharusnya persaingan juga diakhiri.

Jika tidak, persaingan politik hanya akan membuat energi bangsa ini terkuras. Persaingan hanya akan memperlemah bangsa.

Baca juga : Dengan RUU Daya Saing Daerah Akan Terwujud Persaingan Global

Wiranto menilai, Presiden terpilih Jokowi dan pesaingnya, Prabowo Subianto sangat menghormati konstitusi. Keduanya mengajak semua pihak bersatu lagi setelah selama pemilu terpecah.

Mendagri Tjahjo Kumolo juga menyampaikan seruan yang sama. “Mari kita rajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa untuk bersama-sama kita membangun bangsa, bersama-sama membangun Indonesia,” kata Tjahjo.

Baca juga : Jangan Mudah Terhasut, Yuk Kita Terima Putusan MK

Tjahjo bangga proses demokrasi di Indonesia berjalan dengan baik dan lancar. Menurutnya, sikap Prabowo Subianto menerima hasil putusan Mahkamah Kontitusi (MK) menunjukkan sikap ksatria.

Hal ini menunjukkan demokrasi di Indonesia sudah matang. “Kita semakin optimistis bahwa Indonesia ke depan akan melompat kelasnya dari negara berkembang menjadi negara maju,” ungkap Tjahjo. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.