Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pastikan Ketersediaan Pangan Strategis, Mentan Kunjungi Bazar Murah Pasar Tani

Selasa, 26 April 2022 10:10 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri bazar sembako murah di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (25/4)/Ist
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri bazar sembako murah di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (25/4)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Memastikan ketersediaan 12 pangan pokok strategis, Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar Bazar Sembako Murah di kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan, Senin (25/4). 

Bertempat di halaman parkir Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Ditjen Tanaman Pangan, digelar berbagai macam sembako dengan harga miring seperti beras, minyak, telur tahu, tempe, sayuran dan buah. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) hadir mengunjungi rangkaian kegiatan tersebut yang juga dilaksanakan serentak di beberapa Provinsi. 

“Ada sebelas Eselon I Kementan yang harus melakukan langkah sesuai arahan Bapak Presiden bahwa Kementan harus ada bersama masyarakat dalam dinamika apapun. Pasar tani seperti ini adalah wujud nyatanya, kerja sama dengan Pemda, Polri dan TNI untuk memastikan ketersediaan pangan strategis,” kata SYL.

Baca juga : Dongkrak Potensi Pariwisata, Kementerian PUPR Bangun Rest Area Pantai Di Jalur Pansela Jatim

Lebih lanjut, SYL menyebut ketersediaan sesuai dengan validasi dan faktualisasi data semua berjalan baik. Alhasil, ketersediaan pangan hingga Idul Fitri cukup. 

“Jika harga ada dinamika ya biasa di bulan Ramadhan, tugas Kementan menjaga ketersediaan tetap terjaga seperti tahun-tahun lalu,” ungkapnya.

SYL mengatakan, ada dua strategi Kementan, pertama memperlancar distribusi pangan. Kedua, saat ada dinamika harga maka langsung pendekatan di lokasi. 

“Biarkan pasar tetap jalan seperti biasa kita jaga ketersediaannya. Ini bagian dari upaya menyampaikan rasa aman ke publik bahwa ketersediaan cukup sehingga agar masyarakat semua tenang,” jelas SYL.

Baca juga : Lewat Pasar Tani, Kementan Terus Kawal Ketersediaan Pangan Di Kalsel

Dalam bazar tersebut dijual beberapa komoditas strategis seperti Beras curah medium dengan harga Rp 9.000/kg, tempe kedelai lokal Rp 10.000/kg, tahu kedelai lokal dengan hrga Rp 13.000/kg, telur Rp 25.000/kg, terigu Rp 9.000/kg gula kemasan Rp 13.500/kg, minyak goreng 23.000/lt.

Muchlis Alfath peserta bazar dari agen telur Via mengatakan, dukungan untuk kegiatan pasar tani ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan salah satu bahan kebutuhan pokok masyarakat.

“Saya memantau dari harga info pangan Jakarta yang setiap hari selalu update. Contoh harga di Pasar Minggu per hari ini Rp 26 ribu/ kg, maka saya menjualnya di pasar tani ini Rp 25 ribu/kg," ujar suplier telur ini.

Sama halnya dengan Poltak dari PT SHS, beras yang dijual di pasar tani Kementan ini adalah beras premium yang dijual di bawah harga pasaran. 

Baca juga : Optimalkan Pengembangan Kawasan, Mentan Ajak Bangkitkan Kedelai Nasional

“Beras premium kami ada 3 macam dan premium yang terendah kami bandrol di harga Rp 56 ribu/ 5 kg dan masih di bawah harga pasaran," ujar Poltak.

Sementara, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Suwandi mengatakan, jajarannya ditugaskan Menteri Pertanian mengawal Provinsi, salah satunya DKI. 

Dia mengaku, pihaknya sedang turun ke lapangan mulai dari DKI, Jateng, DIY, Jatim sampai Bali untuk melakukan kegiatan yang sama seperti di sini, melakukan pengawalan ketersediaan pangan sampai dua minggu ke depan.

“Silakan masyarakat menikmati, kami dekatkan produsen ke konsumen. Dari pantauan kami di Provinsi binaan terinfo seluruh ketersediaan cukup dan aman. Kondisi fluktuasi harga masih terkendali. Silakan masyarakat menikmati gelaran pasar murah hari ini,” ujar Suwandi. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.